Timika (ANTARA) - Wakil Bupati Mimika, Papua Johannes Rettob meminta para insan pers di wilayah itu tetap memiliki jiwa kritis terhadap berbagai persoalan yang terjadi agar tercipta perubahan dan keadilan di tengah kehidupan masyarakat.

"Melalui momentum peringatan Hari Pers Nasional (HPN) tahun ini saya mengajak insan pers dan seluruh awak media di Mimika untuk terus menyuarakan kebenaran, kritis melihat dan menyikapi segala sesuatu yang dinilai masih kurang untuk mendorong pelayanan oleh aparatur yang jauh lebih berkualitas kepada masyarakat. Media dan insan pers merupakan mitra kerja pemerintah, jangan takut untuk menyuarakan kebenaran," kata Wabup John Rettob yang dihubungi di Timika, Rabu.

Di era digitalisasi dan globalisasi yang semakin maju dewasa ini, katanya, pers di daerah harus berinovasi agar selalu mewartakan informasi yang akurat kepada seluruh lapisan masyarakat.

Lebih lanjut mantan Kadishubkominfo Mimika itu menyebut media harus dengan dengan rakyat, mengangkat segala persoalan yang dihadapi rakyat terutama di kampung dan dusun yang jauh dari kota agar hal itu menjadi perhatian pengambil kebijakan pembangunan di daerah.

Hanya saja Wabup John Rettob mengingatkan agar informasi yang disajikan itu harus benar-benar obyektif, sesuai realita, bukan dibesar-besarkan atau dikecil-kecilkan.

Wabup Mimika mengingatkan para pejabat dan pimpinan OPD di Pemkab Mimika agar tidak alergi dengan kritik oleh media, apalagi takut menghadapi wartawan dan media.

"Kritik yang disampaikan media itu sebagai sarana dan sumbangsih pemikiran untuk membangun daerah ke arah yang lebih baik lagi. Kalau ada kekurangan, mari kita sampaikan secara terbuka, jangan ditutup-tutupi," ujarnya.

Peringatan HPN di Mimika diawali dengan jalan santai ratusan awak media sambil membersihkan sampah di jalan raya, dimulai dari Gedung Eme Neme Yauware, Jalan Belibis, Jalan Yos Sudarso, Jalan Cenderawasih dan berakhir di Studio Radio Publik Mimika di kawasan Mimika Public Service Center (MPCC) milik Yayasan Pemberdayaan Masyarakat Amungme dan Kamoro (YPMAK).

Puncak peringatan HPN di Mimika yaitu dengan pemotongan kue ulang tahun oleh Wabup Mimika untuk diberikan kepada perwakilan wartawan termuda yaitu Abi dari media Amungsa news.com dan wartawan senior yaitu Marthen LL Moru selaku Direktur Timika Expres.

Pewarta : Evarianus Supar
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024