Wamena (ANTARA) - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Jayawijaya, Provinsi Papua mengingatkan jajaran organisasi perangkat daerah (OPD) terkait lainnya tetap ikut membantu menangani COVID-19 di masyarakat.

Kepala Dinas Kesehatan Jayawijaya dr Willy Mambieuw di Wamena, Jumat (25/3), mengatakan setelah dua tahun virus corona mewabah pihaknya akan melakukan analisis situasi dan keterlibatan OPD dalam penanganan COVID-19 di wilayahnya.

"Kita dari dinkes melakukan analisis situasi COVID-19 untuk memberitahukan juga kepada OPD lainnya, contoh dinas pendidikan yang juga punya andil dalam melakukan penanganan COVID-19 di sekolah,"katanya.

Ia memastikan dengan partisipasi bersama dengan pemerintah bisa menghambat peredaran virus corona di masyarakat.

Sebagai contoh, menurut Willy, dinas pemberdayaan masyarakat kampung memiliki tugas memberikan pemahaman kepada masyarakat untuk tetap menerapkan protokol penanggulangan COVID-19.

"Semua bisa mengambil bagian dalam penanganan COVID-19 sehingga bukan hanya dari dinas kesehatan saja yang berperan melakukan penanggulangan tetapi semua bisa sinkron," katanya.

Sebelumnya Asisten I Sekda Jayawijaya Tinggal Wusono mengharapkan hasil analisis dinkes terkait situasi COVID-19  disampaikan kepada pimpinan karena berkaitan dengan tindakan selanjutnya.

"Jadi tidak hanya dinkes saja, OPD lain juga memiliki andil untuk mengambil langkah yang bersinergi ke depan sehingga dinkes menyamakan analisis dan penanggulangannya," katanya.

Pewarta : Marius Frisson Yewun
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024