Jayapura (ANTARA) - Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Papua mendorong peningkatan moderasi beragama dalam memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa serta meningkatkan forum kerukunan umat Buddha di Bumi Cenderawasih.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Papua Pdt Amsal Yowei di Jayapura, Sabtu, mengatakan kualitas umat Buddha dalam bermasyarakat, berbangsa dan bernegara sangatlah penting khususnya di Provinsi Papua.

"Moderasi beragama yang terdiri dari cara pandang sikap dan praktek beragama diperlukan bangsa Indonesia yang majemuk,," Katanya.

Menurut Amsal, kepada para pemuka agama Buddha bahkan semua pemuka umat lintas agama untuk memupuk saling pengertian dengan lebih memanfaatkan dan mengefektifkan saluran komunikasi antar pemuka agama yang sudah ada baik dalam bentuk forum maupun bentuk lainnya.

"Kami mengajak agar pemuka agama Buddha menghindarkan adanya prasangka yang buruk," ujarnya.

Dia menjelaskan baik di antara intern umat beragama di antara pemeluk-pemeluk agama atau di antara pemeluk umat beragama dengan pemerintah yang dapat menimbulkan konflik.

“Kepada seluruh umat beragama untuk mengembangkan sikap moderasi beragama di Indonesia khususnya Papua ,” Katanya lagi.

Dia menambahkan umat Buddha merupakan bagian yang tidak bisa dipisahkan dari masyarakat bangsa Indonesia secara keseluruhan yang juga mempunyai peranan penting dalam mewujudkan moderasi beragama.


Pewarta : Qadri Pratiwi
Editor : Hendrina Dian Kandipi
Copyright © ANTARA 2024