Jayapura (ANTARA) - Tokoh perempuan Papua mengharapkan para srikandi Bumi Cenderawasih tetap bersemangat dalam melayani sesama apalagi di zaman yang penuh tantangan ini.

Tokoh perempuan Papua sekaligus pemerhati pendidikan pada anak usia dini Yulce Enembe di Jayapura, Kamis, mengatakan dalam peringatan Hari Kartini 2022 pihaknya juga berpesan kepada perempuan Bumi Cenderawasih harus kuat khususnya menghadapi kondisi geografis yang ada.
 
"Kami bersyukur kepada Tuhan karena R.A. Kartini mempertahankan hak dari pada wanita," katanya yang juga merupakan istri Gubernur Papua Lukas Enembe pada acara peringatan Hari Kartini Organisasi Aksi Solidaritas Era (OASE) Kabinet Indonesia Maju.
 
Menurut Yulce, sehingga dengan perjuangan Kartini pada zaman dahulu, maka kini dapat berada di kondisi kini, yang mana perempuan juga bisa berkarya dan mengekspresikan dirinya.
 
"Kami sangat bersyukur dan berterima kasih karena memberikan kehidupan yang bisa setara dengan laki-laki," ujarnya.
 
Dia menjelaskan pada pada acara Peringatan Hari Kartini OASE Kabinet Indonesia Maju, Papua juga mendapatkan penghargaan pada bidang kesehatan yakni Kristina Sampa Tonapa dari Kabupaten Pegunungan Bintang.
 
"Tadi kami juga memberikan penghargaan kepada ibu -ibu dari setiap kabupaten kota yang sudah berjuang di bidang pendidikan, kesehatan, sosial budaya, lingkungan hidup dan pertanian," katanya lagi.
 
Dia menambahkan penghargaan tersebut sebagai tanda bahwa perempuan tidak tinggal diam tetapi perempuan bekerja keras untuk memberikan kontribusi bagi negara serta turut andil dalam pembangunan.
 
"Perempuan Papua hebat, kami berpesan ibu harus kuat dan bangkit apalagi kini Papua masih berkembang dalam pembangunan," ujarnya lagi.

Pewarta : Qadri Pratiwi
Editor : Hendrina Dian Kandipi
Copyright © ANTARA 2024