Jayapura (ANTARA) - Posramil 1708-02/BU-Warsa menanamkan sikap disiplin bagi pelajar di SD YPK Immanuel Kampung Amoi, Kabupaten Biak Numfor melalui pemberian pelatihan dasar Peraturan Baris Berbaris (PBB) dalam rangka menumbuhkan karakter kebangsaan.

Babinsa Posramil 1708-02/BU-Warsa Koptu Andreas Rawar dalam siaran pers kepada Antara di Jayapura, Senin, mengatakan hal ini juga merupakan wujud perhatian bagi generasi muda sebagai penerus bangsa.

"Latihan PBB yang dilaksanakan kini untuk memantapkan karakter dan sikap serta disiplin kepada para murid, sehingga siswa-siswi dapat memahami juga mengerti akan tujuan dari latihan tersebut," katanya.

Menurut Koptu Andreas, pelatihan PBB tersebut bertujuan untuk menanamkan rasa cinta tanah air sejak usia dini yakni di tingkat atau jenjang pendidikan sekolah dasar.

"Melalui kegiatan ini kami selaku babinsa mengharapkan agar siswa-siswi lebih meningkatkan rasa nasionalisme, serta memiliki jiwa kekompakan persatuan dan kesatuan serta menumbuhkan jiwa disiplin dalam kegiatan di sekolah maupun di lingkungan tempat tinggal siswa-siswi sekalian," ujarnya.

Dia menjelaskan adapun materi yang diberikan berupa latihan penghormatan dan peraturan baris berbaris serta latihan upacara bendera, selain itu di sela-sela latihan juga tidak lupa pihaknya juga memberikan pembekalan nilai-nilai pengamalan Pancasila serta sejarah perjuangan bangsa.

Sementara itu, Kepala SD YPK Immanuel Warsa Mamoribo mengatakan pihaknya mengucapkan terima kasih dan mengapresiasi babinsa yang telah bersedia dengan tulus dan ikhlas memberikan kegiatan latihan dasar PBB kepada anak didiknya yang mana notabenenya merupakan generasi muda penerus bangsa.

"Mudah-mudahan kegiatan yang diberikan ini dapat berjalan secara berkelanjutan, sehingga dapat menjadikan anak-anak generasi muda ini menjadi murid yang disiplin dan berjiwa nasionalis," katanya.

Pewarta : Redaktur Papua
Editor : Hendrina Dian Kandipi
Copyright © ANTARA 2024