Sentani (ANTARA) - Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Jayapura, Papua Hana Hikoyabi terpilih secara aklamasi menjadi ketua Persatuan Olahraga Dayung Seluruh Indonesia (PODSI) Kabupaten Jayapura periode 2022-2026.

Sekretaris PODSI Provinsi Papua Otniel Deda di Sentani, Selasa, mengatakan Hana Hikoyabi terpilih setelah mendapat hak suara dari semua peserta dalam musyawarah olahraga (Musorkab) cabang olahraga dayung Kabupaten Jayapura.

"Semua ada lima suara yang terdiri dari tiga klub, dari kepengurusan PODSI periode sebelumnya (2018-2022) dan dari KONI Papua semuanya memilih Hana sebagai ketua," katanya usai Musorkab di Kantor KONI Kabupaten Jayapura, Selasa.

Menurut Otniel, dari beberapa calon yang mendaftar sebagai ketua PODSI Kabupaten Jayapura hanya Hana Hikoyabi yang memenuhi syarat.

"Apalagi dia (Hana Hikoyabi) juga bersedia menjadi ketua PODSI Kabupaten Jayapura sehingga kami mengapresiasi nya," ujarnya.

Dia menjelaskan pihaknya berharap dengan terpilihnya kepengurusan yang baru dapat membawa prestasi dayung di bumi 'Kenembai Umbai' itu berjaya di tingkat provinsi atau Indonesia.

"Karena olahraga dayung merupakan cabang olahraga (Cabor) unggulan yang harus dipertahankan prestasinya," katanya lagi.

Dia menambahkan kepengurusan PODSI Kabupaten Jayapura segera mempersiapkan diri untuk menghadapi Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) yang rencananya akan di gelar pada November 2022.

"Kami juga akan melakukan pemilihan ketua PODSI di Kota dan Kabupaten lain di Papua sehingga cabor dayung ini bisa mempersiapkan atlet berbakat untuk PON XXI di Aceh dan Sumatera Utara," ujarnya lagi.

Pewarta : Ardiles Leloltery
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024