Jayapura (ANTARA) -
Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bapedda) setempat menggelar penelitian pengembangan kesehatan stunting guna mewujudkan investasi manusia Papua yang berkualitas dan sehat di Kota Jayapura, Kamis (23/6).
 
Kepala Bidang Pengendalian Bapedda Papua Verra Wanda di Jayapura, Kamis,mengatakan, dengan penelitian tersebut diharapkan dapat memberikan rasa nyaman dengan dirinya sendiri untuk hidup di daerah ini dengan percaya diri sebagai warga setempat.
 
"Untuk itu kami mendorong agar penelitian dan pengembangan di sektor kesehatan khususnya mengenai masalah stunting untuk terus dilakukan secara berkala," katanya.
 
Menurut Verra, hal tersebut harus terus dilakukan agar bisa mendapatkan data secara time series tentang pembangunan kesehatan di Provinsi Papua.
 
“Stunting itu kalau tidak ditangani maka investasi SDM di Papua juga akan terganggu, karena ini generasi yang akan kita hadirkan,” ujarnya.
 
Dia menjelaskan, dengan penelitian tersebut, hingga 100 tahun ke depan para mama-mama akan melahirkan manusia manusia Papua yang berkualitas didukung dan ditunjang oleh lingkungan yang berkualitas.
 
"Dengan lingkungan seperti apa nanti yang akan kami wariskan,untuk itu harus mulai dari sekarang tidak bisa kita tunggu besok,” katanya.
 
Dia menambahkan, semua pihak harus mempersiapkan manusia Papua untuk menjadi generasi yang siap mengelola aset ke depan.

Pewarta : Qadri Pratiwi
Editor : Hendrina Dian Kandipi
Copyright © ANTARA 2024