Jayapura (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jayapura, Provinsi Papua, mengapresiasi ajang pemilihan putra dan putri pariwisata 2022 yang diselenggarakan di wilayah itu.

Bupati Jayapura Mathius Awoitauw dalam siaran pers yang diterima Antara di Jayapura, Kamis, mengatakan pemilihan putra-putri pariwisata merupakan wadah anak-anak asli bumi kenambai umbai tersebut untuk menyalurkan minat dan bakat dengan menjunjung nilai-nilai budaya dan etika.

"Kalau saya melihat ini satu semangat secara mandiri karena masyarakat bisa menyelenggarakan ajang pemilihan putra dan putri pariwisata," katanya.

Menurut Mathius, ajang tersebut sangat luar biasa dan ke depan bisa terus dilaksanakan supaya masyarakat di luar Papua bisa mengetahui potensi dari yang ada pada Kabupaten Jayapura

"Untuk itu kami mendorong agar pemuda Papua kreatif dapat muncul dengan ide-ide maupun kreativitas yang baru," ujarnya.

Dia menjelaskan pariwisata di Kabupaten Jayapura menjadi daya tarik pengunjung namun dengan adanya COVID-19 pariwisata menjadi salah satu sektor yang paling terdampak.

"Oleh karena itu pemerintah sangat mendukung pelaksanaan pemilihan duta pariwisata sebagai salah satu upaya membangkitkan dan menggairahkan kembali sektor pariwisata," katanya.

Mathius menambahkan pihaknya berharap pemenang pada ajang tersebut memiliki wawasan luas untuk mampu berpikir kritis, kreatif dan inovatif dalam upaya mempromosikan dan mensosialisasi pesona pariwisata Kabupaten Jayapura.

"Untuk itu jadilah duta wisata yang aktif berkarya dan berkontribusi dalam kemajuan pariwisata Kabupaten Jayapura sebagai generasi milenial yang akrab dengan teknologi," ujar Mathius.

Pihaknya juga berharap agar duta pariwisata Kabupaten Jayapura menjadi mitra pemerintah dengan menyalurkan karya dan inovasi untuk mendukung program pemerintah.

Sekadar untuk diketahui grand final pemilihan putra putri pariwisata Yauw Enggo Kabupaten Jayapura 2022 telah berlangsung pada Sabtu 25 Juni 2022 di mana pemenang adalah Adolf Daimoye dan Flora F. Ohee.



Pewarta : Ardiles Leloltery
Editor : Hendrina Dian Kandipi
Copyright © ANTARA 2024