Sentani (ANTARA) - Federasi Karate-do Indonesia (Forki) Provinsi Papua berharap event Pekan Olahraga Kabupaten atau Porkab II Kabupaten Jayapura 2022 melahirkan bibit atlet karate berbakat di Bumi Cenderawasih.

Ketua Forki Papua Kristhina Mano di Sentani, Kamis, mengatakan selama dua kali pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) pihaknya selalu mengontrak atlet dari daerah luar.

"Sehingga dengan adanya Porkab kami harapkan dapat menimbulkan bibit atlet karate yang unggul supaya ke depan kami tidak memiliki kekosongan pada event nasional," katanya.

Menurut Kristhina, jika terus mengontrak atlet dari luar Papua maka akan sangat merugikan padahal provinsi paling timur Indonesia ini sering disebut sebagai gudangnya para atlet.

"Jadi untuk menciptakan atlet yang berpotensi harus melaksanakan event-event seperti Porkab," ujarnya.

Dia menjelaskan pihaknya mengapresiasi Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Jayapura yang telah menyelenggarakan ajang Porkab II.

"Karena melalui event Porkab kami berharap ada banyak atlet karate Papua yang nantinya akan dipersiapkan pada PON XXI di Aceh dan Sumatera Utara," katanya lagi.

Dia menambahkan ke depan pihaknya optimis bisa mempersiapkan atlet karate di Papua untuk ajang olahraga di tingkat nasional.

Pewarta : Ardiles Leloltery
Editor : Hendrina Dian Kandipi
Copyright © ANTARA 2024