Jayapura (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Jayapura, Provinsi Papua mengemukakan pembangunan gedung perpustakaan bermanfaat mendukung pemenuhan kebutuhan warga setempat akan informasi dan pengetahuan yang lebih lengkap dan luas.

Sekretaris Daerah Kabupaten Jayapura Hanna Hikoyabi dalam siaran pers diterima di Jayapura, Rabu, mengharapkan jika pembangunan perpustakaan tersebut telah selesai, nantinya tempat tersebut bukan hanya untuk warga memperoleh bahan bacaan dan membaca, akan tetapi juga untuk berdiskusi dan menggali berbagai informasi yang lebih dalam.

"Seperti pembahasan dalam satu buku dilakukan secara bersama-sama dalam kelompok kecil sehingga bisa menginspirasi yang lain," katanya.

Ia mengapresiasi langkah pemerintah menganggarkan Dana Alokasi Khusus (DAK) Rp10 miliar untuk pembangunan gedung perpustakaan tersebut.

"Kami berharap masa depan generasi muda Papua, khususnya di Kabupaten Jayapura, dapat memanfaatkan perpustakaan untuk menambah semangat membaca lagi," ujarnya.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Kabupaten Jayapura Alpius Demena mengharapkan kehadiran gedung perpustakaan mendukung upaya meningkatkan sumber daya manusia (SDM), khususnya generasi muda di daerah itu, melalui program literasi.

"Serta bisa meningkatkan minat baca bagi anak-anak di Kabupaten Jayapura dan Papua pada umumnya," katanya.

Pembangunan gedung layanan perpustakaan daerah Kabupaten Jayapura di kawasan Taman Bacaan, Kompleks Perkantoran Gunung Merah, Sentani, Kabupaten Jayapura, dimulai Selasa (26/7).

Pewarta : Ardiles Leloltery
Editor : Hendrina Dian Kandipi
Copyright © ANTARA 2024