Jayapura (ANTARA) -
PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Papua dan Papua Barat telah berhasil melistriki Karubaga di Kabupaten Tolikara selama 24 jam penuh setiap harinya.
 
General Manager PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Papua dan Papua Barat Moch Andy Adchaminoerdin dalam siaran pers di Jayapura, Rabu, mengatakan kini setelah dilakukannya Serah Terima Operasi (STO) sistem kelistrikan antara pihaknya dan Pemerintah Kabupaten Tolikara, maka secara resmi menyuplai listrik Karubaga selama 24 jam penuh setiap harinya.
 
"Dengan tim yang solid, kami siap untuk memaksimalkan pelayanan, namun hal tersebut juga tentunya perlu bantuan dan dukungan dari pemerintah dan masyarakat agar kelistrikan di sini dapat terjaga secara kontinyu dan beroperasi penuh," katanya.
 
 
Menurut Andy, hal tersebut menjadi langkah awal karena selanjutnya PLN secara bertahap akan menerangi seluruh distrik di mana pihaknya merasa senang telah berkolaborasi dan bersinergi dengan Pemerintah Kabupaten Tolikara guna melistriki wilayah tersebut.
 
"Kami berharap masyarakat dapat bekerja sama untuk menjaga seluruh infrastruktur kelistrikan yang ada," ujarnya.
 
Dia menjelaskan dengan bersama-sama menjaga aset kelistrikan baik yang berada di PLTD Karubaga maupun jaringan yang tersebar di wilayah Kabupaten Tolikara, maka dapat meminimalisir adanya gangguan.
 
"Kami berharap masyarakat juga bersedia mengizinkan PLN untuk melakukan perampalan tanaman yang berpeluang mengganggu jaringan," katanya lagi. 
 
Dia menambahkan kini rasio elektrifikasi di Papua dan Papua Barat telah mencapai di angka 96,92 persen meskipun terdapat banyak tantangan dalam menghadirkan pelayanan kelistrikan, pihaknya tetap maksimal dan berkeadilan bagi seluruh masyarakat.
 
"Kami berkomitmen untuk terus berupaya mewujudkan Tanah Papua terang seluruhnya," ujarnya lagi.
 

Pewarta : Qadri Pratiwi
Editor : Hendrina Dian Kandipi
Copyright © ANTARA 2024