Sentani (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jayapura, Provinsi Papua telah memastikan ketersediaan air bersih baik bagi para tamu pada saat pelaksanaan Kongres Masyarakat Adat Nusantara (KMAN) VI di wilayah Adat Tabi.

Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw dalam siaran pers yang diterima Antara di Jayapura, Rabu, mengatakan selain air bersih pihaknya juga memastikan tempat tinggal yang nyaman bagi para peserta KMAN. 

"Ini menjadi perhatian kami karena para tamu yang akan datang dan berkunjung ke kampung-kampung yang ada di Danau Sentani," katanya.

Manurut Mathius, hal lain yang menjadi perhatian pihaknya ialah konsumsi serta sarana transportasi baik di darat maupun di laut. 

Dia menjelaskan untuk pemenuhan kebutuhan air bersih bagi para tamu sudah menjadi perhatian khusus dari tim di yang ada di bidang perlengkapan dan Akomodasi. 

"Kepala Dinas PU dan Kepala Dinas Perumahan itu sudah presentasi mungkin minggu ini mereka sudah kerjakan," ujarnya. 

Dia menambahkan untuk kawasan pemukiman di Danau Sentani sejauh ini masih mengandalkan sumber-sumber air di Danau Sentani untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. 

"Karena itu sehubungan dengan penyelenggaraan KMAN VI yang akan dilaksanakan di sejumlah kampung di Danau Sentani, maka itu pihaknya akan menyediakan air bersih," katanya lagi.

Pewarta : Ardiles Leloltery
Editor : Editor Papua
Copyright © ANTARA 2024