Biak (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Biak Numfor, Papua melalui Dinas Perikanan akan mengembangkan produk usaha ikan kaleng tuna hasil industri rumahan bagi pelaku usaha kecil menengah di daerah setempat.

"Pemkab Biak Numfor sudah membeli alat produksi ikan kaleng tuna untuk mendukung pelaku UMKM mengembangkan potensi sektor perikanan tuna," ujar Bupati Herry Ario Naap menanggapi pengembangan industri perumahan sektor perikanan di Biak, Kamis.

Untuk mendukung produksi pelaku UMKM sektor perikanan, pihaknya sudah bekerja sama dengan industri rumahan di Yogyakarta untuk membantu pengembangan potensi ikan Tuna jenis yellow fins

Bupati Herry optimistis pengembangan produk usaha industri rumahan ikan kaleng tuna di Biak bisa menumbuhkan perekonomian daerah dan keluarga.

"Perairan Biak menyimpan potensi ikan tuna jenis yellow fins sehingga sangat layak dijadikan sentra home industry ikan kaleng," katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perikanan Biak Effendi Igirisa memastikan pihak Dinas Perikanan sangat mendukung kebijakan Bupati Herry Ario Naap untuk membuat program industri rumahan ikan kaleng tuna.

"Pelaku UMKM di Biak sangat berpeluang memproduksi ikan kaleng tuna dengan usaha home industry," ujar Effendi Igirisa.

Kabupaten Biak Numfor merupakan daerah yang berada di Kepulauan Pasifik dan sangat potensial dengan sumber daya alam laut berupa kekayaan ikan terutama tuna sirip kuning atau yellow fins.

Saat ini, sektor pariwisata dan perikanan menjadi program prioritas Kabupaten Biak Numfor sebagai penyumbang devisa negara dan retribusi daerah.

Pewarta : Muhsidin
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024