Jayapura (ANTARA) -
Kodim 1708/Biak Numfor (BN) memberikan pemahaman kepada para pelajar Sekolah Menengah Atas (SMA) mengenai ideologi Pancasila melalui materi wawasan kebangsaan di SMA Negeri 2 Biak, Kampung Paray, Distrik Biak Kota, Kabupaten Biak Numfor, Papua.
 
Perwira Seksi Teritorial (Pasiter) Kodim 1708/BN Kapten Inf Sutrisno dalam siaran pers Penerangan Kodim Biak Numfor di Jayapura, Rabu, mengatakan hal ini merupakan salah satu bentuk mewujudkan kemanunggalan TNI dan rakyat khususnya dengan pelajar.
 
"Sehingga diperlukan suatu terobosan dalam kegiatan teritorial dengan melakukan kegiatan bersama para pelajar yang merupakan generasi muda bangsa," katanya.
 
Menurut Sutrisno, materi wawasan kebangsaan sekolah sangat penting sekali dengan tujuan siswa sebagai generasi penerus bangsa memiliki rasa cinta tanah air dan bangsa, persatuan dan kesatuan serta siap menerima tahta kepemimpinan di masa yang akan datang.
 
"Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman tentang ideologi Pancasila dan membentuk sikap disiplin dan karakter para siswa," ujarnya.
 
Dia menjelaskan pada kegiatan tersebut mendapat respon positif dari para siswa-siswi SMA N 2 Biak untuk itu pihaknya mengimbau agar tidak boleh terpengaruh dengan hal-hal yang negatif dengan begitu menjaga persatuan dalam keberagaman.
 
"Karena tegak NKRI terletak di punggung para siswa dengan begitu nantinya akan muncul pemimpin-pemimpin yang bijaksana," katanya lagi.
 
Sementara itu, Wakil Kepala Sekolah Kesiswaan SMA Negeri 2 Biak Diana Dawan mengatakan pihaknya sangat memberikan apresiasi dengan adanya materi wawasan kebangsaan tersebut. 
 
"Kami berharap semoga kegiatan ini bisa terus berjalan agar generasi muda penerus bangsa bisa mempunyai mental dan kepribadian yang baik untuk menyongsong masa depannya," katanya.

Pewarta : Qadri Pratiwi
Editor : Hendrina Dian Kandipi
Copyright © ANTARA 2024