Jayapura (ANTARA) -
Pihak Kantor Pos Jayapura menyebutkan hingga kini penyaluran bantuan sosial kepada masyarakat sudah mencapai 70 persen atau terealisasi kepada 322.538 keluarga penerima manfaat (KPM) dengan target alokasi penyaluran untuk 456.355 KPM yang tersebar di Papua dan Papua Barat.
 
Kepala Kantor Pos Cabang Jayapura Dedi Siahaan kepada Antara di Jayapura, Selasa, mengatakan untuk penyaluran tersebut yakni Bantuan Langsung Tunai Bahan Bakar Minyak (BLT BBM) tahap kedua, Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) tahap keempat dan bantuan Program Keluarga Harapan (PKH) pada 2022.
 
"Wilayah kerja Kantor Pos Jayapura yakni di Papua dan Papua Barat sehingga kini sisa 133.772 KPM dengan target penyelesaian pada 20 Desember 2022," katanya.
 
Menurut Dedi, jumlah tersebut diprediksi akan terus bertambah karena kini penyaluran terus dilakukan baik di kabupaten/kota yang ada Papua dan Papua Barat.
 
"Kami optimitis bisa mencapai target 100 persen hingga 20 Desember nanti dengan melakukan imbauan-imbauan melalui radio ataupun media sosial lainnya," ujarnya.
 
Dia menjelaskan untuk kendala di mana penerima tidak di tempat, kemudian belum mengetahui informasi tersebut sehingga pihaknya juga menjalin kerja sama dengan instansi terkait lainnya.
 
"Realisasi penyaluran BLT BBM tahap kedua paling tinggi berada di Kota Jayapura dengan capaian sekitar 92 persen, sementara terendah berada di Kabupaten Asmat yang baru mencapai 0,12 persen," katanya lagi.
 
Dia menambahkan dalam penyaluran bantuan tersebut pihaknya juga sudah menerapkan sistem kearifan lokal sehingga diharapkan ada kerja sama baik lagi khususnya pada provinsi-provinsi baru.

Pewarta : Qadri Pratiwi
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024