Jayapura (ANTARA) - Tim futsal Papua, baik putra maupun putri, yang dipersiapkan menuju Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh dan Sumatera Utara pada 2024 kini sedang melakukan persiapan menuju pra-PON pada September 2023.

Pelatih tim futsal Papua Daud Arim di Jayapura, Kamis, mengatakan persiapan yang dilakukan saat ini bertujuan untuk memantapkan timnya sebelum pra-PON.

"Kenapa kami lakukan persiapan dari cabang olahraga lain duluan karena pada PON XX 2021 kami meraih medali emas selain itu karena ada pra PON maka kami harus melakukan persiapan lebih awal," katanya.

Menurut Arim, saat ini tim futsal Papua sudah masuk pada pemusatan latihan (TC) berjalan dari Januari hingga Maret 2023 di mana untuk tim putra berlatih hari Senin dan Rabu sementara tim putri Selasa dan Kamis.

"Sesuai dengan arahan dari KONI Papua bahwa lima bulan menuju pra PON atletnya sudah harus disiapkan sehingga futsal sudah mulai persiapan dari sekarang," ujarnya.

Dia menjelaskan dari hasil seleksi terbuka pada Desember 2021 pihaknya sudah memiliki 30 pemain putra dan 31 pemain putri sehingga akan dilakukan pengurangan menjadi 20 pemain bagi masing-masing kategori

"Sehingga dalam latihan kami melihat skil, teknik, mental dan fisik agar pada saat pelaksanaan event mereka sudah siap," katanya lagi.

Dia menambahkan, selain itu dalam TC yang sementara berjalan pihaknya tetap menggunakan sistem promosi dan degradasi sehingga pemain yang dianggap tidak layak maka akan dicoret.

"Karena kami ingin mencari pemain yang benar-benar siap karena kami ingin mempertahankan medali emas pada PON XXI nanti," ujarnya lagi.

Pewarta : Ardiles Leloltery
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024