Jayapura (ANTARA) - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua menyebutkan dengan adanya penyelenggaraan Sail Teluk Cenderawasih 2023 di Kabupaten Biak Numfor yang bakal diluncurkan pada 1-3 Februari mendatang dapat menarik investor sebanyak-banyaknya sehingga menjadi peluang sumber ekonomi baru.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Papua Jeri Agus Yudianto di Jayapura, Jumat, mengatakan pada acara kegiatan tersebut di mana pelaksanaannya kini dikoordinasikan oleh Kedeputian Pariwisata dan ekonomi kreatif (Kemenkomarivest RI), guna meningkatkan kepercayaan investor serta menarik kunjungan pariwisata.

“Waktu penyelenggaraan disepakati pada Agustus 2023 mendatang, sehingga tidak jauh dari agenda nasional maupun internasional lainnya, seperti pertemuan tahunan Governors’ Climate and Forest Task Force (GCF Task Force – Satuan Tugas Gubernur untuk Hutan dan Perubahan Iklim),” katanya.

Menurut Jery, kegiatan Sail Teluk Cenderawasih merupakan agenda kolaborasi antara Pemerintah Pusat, Provinsi dan Kabupaten sehingga diharapkan dapat berjalan lancar dengan begitu banyak wisatawan-wisatawan yang datang ke Papua.

“Sehingga memang diperlukan komitmen bersama, karena melalui acara tersebut bakal mengenalkan potensi budaya dan tentunya bahari yang ada di Papua,” ujarnya.

Dia menjelaskan dengan begitu juga bakal semakin banyak orang mengetahui keindahan panorama yang dimiliki Papua apalagi acara tersebut mendapat atensi dari masyarakat, khususnya kabupaten penyelenggara, sebab berpotensi memberikan nilai tambah.

“Hanya memang terkait agenda-agenda pariwisata yang berada di Kabupaten, luar Provinsi Papua atau yang saat ini di DOB, diharapkan waktu kalender penyelenggaraannya bisa diatur secara bersama antar provinsi dan penyelenggara” katanya lagi.

Dia menambahkan dengan begitu tidak terlalu berjauhan agenda pelaksanaannya, sehingga bisa meningkatkan kunjungan wisata ke Provinsi Papua dan provinsi-provinsi lainnya pulau di Tanah Papua.
 


Pewarta : Qadri Pratiwi
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024