Jayapura (ANTARA) - Kodim 1715/Yahukimo  menggelar bazar UMKM di lapangan apel Koramil 1715-06/Dekai, Distrik Dekai, Kabupaten Yahukimo, Provinsi Papua Pegunungan, Minggu.
 
Bazar diikuti para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) yang ada di Dekai.
 
Dandim 1715 Yahukimo Letkol Inf Letkol Inf Johanis Victorianus Tethool mengatakan bazar merupakan program pemberdayaan ekonomi guna menekan laju inflasi sekaligus ketahanan pangan nasional.
 
"Kegiatan bertujuan menekan laju inflasi melalui pemberdayaan umat, meskipun pelaksanaannya masih ada beberapa kekurangan," paparnya.
 
Ia mengatakan bazar UMKM ini melibatkan para pelaku UMKM di Dekai dengan menampilkan berbagai kuliner tradisional.

Bazar melibatkan anggota persit guna mendukung dan mendorong UMKM mama-mama Papua.
 
"Kodim 1715/Yahukimo berupaya menjalin kolaborasi dengan Polri dan pemda dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat di daerah ini, " katanya.
 
Bupati Yahukimo Didimus Yahuli saat membuka bazar UMKM memberi apresiasi karena Kodim 1715/Yahukimo telah membantu meningkatkan perekonomian masyarakat yang dimulai dengan hal kecil.
 
“Saya salut dengan Kodim 1715/Yahukimo karena sudah memulai dari hal yang kecil, apalagi hal ini sesuai perintah Presiden Joko Widodo saat rakornas di Jakarta, terkait bagaimana kita menjaga inflasi sehingga keseimbangan dan daya beli masyarakat dapat terjangkau,” kata Bupati.
 
Ia mengatakan pihaknya harus mencontoh kegiatan yang dilakukan Kodim 1715/Yahukimo dan jajarannya sehingga ke depan Pemkab Yahukimo siap berkolaborasi dengan pihak lain.
 
"Mari kita semua mendukung kegiatan UMKM karena apa yang dilakukan dampaknya dapat langsung dirasakan masyarakat," katanya.
 
Salah satu peserta bazar, Anggelina menyatakan senang bisa ikut mendirikan stan dan berjualan di bazar UMKM.
 
"Saya berharap agar bazar UMKM dapat dilaksanakan secara berkelanjutan karena membuka peluang bagi pengusaha dan menciptakan lapangan pekerjaan," kata Engelina yang mengaku berjualan aneka kue tradisional itu.
 
 

Pewarta : Evarukdijati
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024