Jayapura (ANTARA) - Liga Nusantara (Linus) Futsal 2023 zona Papua resmi bergulir dengan dibuka oleh Ketua Asosiasi Provinsi (Asprov) PSSI Papua Benhur Tomi Mano di GOR Cenderawasih APO Kota Jayapura, Sabtu.

Ketua Asrov PSSI Papua Benhur Tomi Mano di Jayapura, Sabtu, mengatakan ajang tersebut dimanfaatkan untuk melihat pemain berbakat dan memiliki potensi untuk direkrut dalam tim PON Papua yang akan berlaga di PON Aceh dan Sumatera Utara 2024.

"Karena target Asprov PSSI Papua di PON XXI 2024 bisa menyapu bersih empat emas di cabang olahraga sepak bola putra dan putri serta futsal putra dan putri," katanya.

Menurut Benhur, untuk mencapai target tersebut maka pembinaan harus terus dilakukan, namun ia juga mengharapkan dukungan dari KONI Provinsi Papua untuk mempersiapkan tim sepak bola dan futsal dengan solid.

"Ini bertujuan agar kami bisa mempertahankan emas karena tim lain juga akan tampil dengan performa terbaik di ajang PON," ujarnya.

Dia menjelaskan Asprov PSSI Papua masih melanjutkan kalender PSSI pusat 2022 dengan menggelar Linus Futsal zona Papua karena kalender 2023 belum dikeluarkan.

"Kami sudah melaksanakan Liga 3 zona Papua, Piala Pertiwi, dan Linus Futsal zona Papua. Pemenang akan mewakili Papua ke seri nasional," katanya lagi.

Sementara itu, Ketua Panitia Linus Futsal zona Papua Eddi Way mengatakan menerapkan standar pertandingan sesuai manual dalam ajang tersebut dan peserta wajib mengikuti.

"Kalau tidak seperti itu, akan ada konsekuensi jika ada tim yang juara tetapi tidak punya pembiayaan ke Gorontalo. Hukumannya bukan ke tim tapi Asosiasi Futsal Papua dan pertandingan berlangsung selama satu hari," katanya.

Sementara itu, pada pertandingan pembuka Linus Futsal zona Papua, D'Cupu FC Jayapura berhasil menang 5-3 atas Silaga 1704 FC Marauke.

Pewarta : Ardiles Leloltery
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024