Sentani (ANTARA) - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Jayapura, Provinsi Papua mengatakan dalam waktu dekat tempat embuangan akhir (TPA) sampah di Distrik Waibron pada daerah tersebut akan segera difungsikan.

Sekretaris DLH Jayapura Orgenes Monim  di Sentani, Selasa mengatakan bahwa untuk saat ini semua sampah bermuara di Tempat Pembuangan Sementara (TPS) Kampung Doyo Distrik Waibhu.

“Saat ini sampah ditampung di TPS Doyo sambil kami sedang mempersiapkan tempat pembuangan akhir, khusus untuk limbah tinja langsung ke TPA Waibron,” katanya.

Menurut dia  TPS Doyo adalah tempat penampungan sementara sebelum sampah diangkut ke tempat pendauran ulang dan pengolahan di TPA Waibron.

“Jadi sampah yang dihasilkan kemudian akan masuk ke proses pertama yaitu tempat penampungan sementara di Doyo lalu selanjutnya akan dipindahkan ke TPA Waibron,” ujarnya.

Ia menjelaskan khusus hasil dari layanan sampah rumah tangga pihaknya telah mendapat pemasukan sebesar Rp 250 juta pada 2022.

“Dalam setahun yang kami peroleh Rp 250 juta untuk layani sampah rumah tangga khusus dari kawasan perumahan di perkotaan, itu pun belum semua masyarakat terlayani,” katanya.

Pihaknya menarik retribusi untuk sampah rumah tangga sebesar Rp25 ribu per bulan, khusus masyarakat yang bermukim di kawasan perumahan tersebut.

“Jumlah Rp 250 juta ini kami peroleh pada 2022 yang merupakan pendapatan khusus dari layanan sampah rumah tangga terhadap 10.000 masyarakat di kawasan perumahan,” demikian Orgenes Monim.


Pewarta : Agustina Estevani Janggo
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024