Jayapura (ANTARA) - Papua saat ini memiliki Papua Young Creative Hub (PYCH) yang diharapkan dapat menjadi sarana bagi pemuda di Bumi Cendrawasih itu untuk mengembangkan potensi dirinya.

Gedung yang berlokasi di jalan baru menuju pasar Youtefa, Kotaraja, Kota Jayapura, dan rencananya akan diresmikan Presiden Joko Widodo itu dilengkapi berbagai fasilitas penunjang yang dapat digunakan para pemuda setempat.

PYCH yang dibina Badan Intelijen Negara (BIN) dan gedungnya dibangun di atas lahan seluas 15 ribu meter persegi itu dilengkapi dengan gedung utama, asrama, ruang terbuka, lapangan olahraga, bangunan utilitas, parkir, dan pos penjagaan.

Desain yang digunakan adalah rumah adat masyarakat Kota Jayapura dan Wamena, yakni atap Honai dan atap Kariwari.

Gedung PYCH dibangun bernuansa adat dan mempunyai fasilitas untuk menunjang minat, bakat, dan kreativitas anak-anak muda di Tanah Papua.

Selain itu juga memiliki fasilitas untuk mendukung pengembangan anak muda di Tanah Papua dalam berbagai bidang, di antaranya bidang kuliner, keramahtamahan, riset, teknologi, kewirausahaan, industri kreatif, digital, pendidikan dan literasi, kesehatan, kecantikan, budaya hingga bahasa.

Koordinator Umum Papua Muda Inspiratif (PMI) Gracia Josaphat Jobel Mambrasar atau Billy mengakui, PYCH dilengkapi berbagai sarana penunjang yang  diharapkan dapat menopang kegiatan serta minat kaum pemuda, baik yang ingin berwirausaha, bertani, beternak hingga menjadi kreator konten dan stand up comedy.

Pengurus PYCH mempersilakan bagi pemuda yang berminat untuk memperdalam pengetahuannya sesuai minat untuk bergabung dengan mendaftarkan diri dan mengisi formulir yang sudah disediakan.

Saat ini tercatat sudah ada 12.232 orang yang tergabung dengan berbagai pilihan usaha yang selama ini digelutinya.

"Siapa saja boleh bergabung karena dengan bergabung diharapkan usaha yang dilakukannya makin berkembang dan bila mengalami kendala akan dibantu mencari solusi bagaimana mengatasinya, " kata Billy yang juga menjabat sebagai Staf Khusus Presiden itu.

Ia mengaku gedung PYCH berdiri setelah pemuda asal Papua bertemu dengan Presiden Jokowi, beberapa waktu lalu.

Bagi pemuda yang tergabung di PYCH akan diberikan pelatihan dan pendampingan agar usaha yang digelutinya berkembang .

Ada sejumlah modul yang sudah disiapkan oleh pengelola PYCH. Para peserta diminta tidak perlu takut produk yang mereka hasilkan nantinya tidak laku di pasaran karena hal itu juga akan dibantu.

Dari 12 ribu lebih anggota itu, terbanyak bergelut di bidang UMKM, seperti menjual makanan siap santap, rajutan dan bidang peternakan, perikanan serta pertanian.

PYCH, menurut Billy, sudah punya online shop, sehingga para pemuda tidak perlu takut terkait pasar, karena peluang itu masih terbuka lebar.


Pengusaha ayam petelur

Maria Fransisca Tambingon, Finalis Puteri Indonesia tahun 2014 yang tergabung dalam PYCH dan kini menjadi pengusaha yang bergerak di peternakan ayam telur mengaku usahanya bisa meraup belasan sampai puluhan juta Rupiah per bulan. Ia kini memiliki sekitar 4.000 ekor ayam petelur.

Potensi peternakan, khususnya ayam petelur, sangat terbuka luas sehingga Maria bertekad meningkatkan produksi dan memberdayakan lebih banyak masyarakat dalam usahanya.

Bahkan, ia berkeinginan menjadi motivator untuk para pemuda Papua agar mau terjun dan menggeluti usaha peternakan, sekaligus mengembangkan potensi yang sudah ada dalam diri di PMI.

Hal serupa juga diakui oleh Brigitta Hisage yang kini usaha peternakannya terus berkembang setelah dirinya bergabung di PMI.

Saat ini Brigitta baru memiliki 1.000 ayam petelur, namun usaha itu akan dikembangkan hingga mencapai 5.000 ekor ayam. Brigitta Hisage mengelola usaha ayam petelur yang kandangnya berada di Doyo Lama, Kabupaten Jayapura.

Karena itu, baik Brigitta maupun Billy Mambrasar berharap agar berbagai peluang usaha di lembaga itu dapat dimanfaatkan oleh para pemuda untuk mengembangkan potensi dirinya.

PYCH saat ini mengembangkan peternakan ayam petelur di 17 lokasi yang tersebar di Provinsi Papua, Papua Barat, Papua Barat Daya dan Provinsi Papua Pegunungan.

Peternakan ayam yang dikelola secara profesional ini tersebar di Kabupaten Manokwari empat unit, Jayapura tiga unit, kemudian Fak-Fak, Jayawijaya dan Biak, masing-masing dua unit serta Sorong, Keerom, dan Nabire, masing-masing ada satu unit usaha.

Selain usaha ayam petelur, para pemuda juga memilih usaha ayam pedaging. Usaha peternakan ayam pedaging ada di enam lokasi, yaitu Kabupaten Pegunungan, Arfak, Sorong, Teluk Bintuni, dan Tambrauw, masing-masing satu unit, dan di Manokwari dua unit.


Ruangan UMKM

Billy Mambrasar menambahkan bahwa untuk pemasaran hasil produksi peserta dilakukan melalui jejaring yang dipusatkan di ruangan UMKM gedung Papua Youth Creative Hub (PYCH) di Kota Jayapura.

Ruangan UMKM yang ada di PYCH juga menjadi tempat memejang berbagai hasil usaha binaan PMI, mulai dari telur ayam, hingga produk-produk UMKM.

Khusus UMKM yang tergabung dalam PMI ada sekitar 1.300-an unit yang umumnya bergerak di bidang usaha kuliner dan kerajinan tangan.

Gedung PYCH dapat dijadikan wadah untuk memasarkan berbagai produk, baik itu produk kuliner maupun kerajinan khas Papua.

Untuk memastikan kualitas, produk yang dihasilkan akan diberi label PYCH dan pemasarannya dilakukan secara daring, dengan memanfaatkan sarana teknologi informasi (TI) yang dimiliki.
.
Keberadaan gedung PYCH diproyeksikan menjadi representasi kekayaan ekonomi Tanah Papua, sehingga nantinya siapa pun, "Belum disebut ke Papua, kalau belum ke PYCH'.


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: PYCH, tempat pemuda Papua kembangkan potensi

Pewarta : Evarukdijati
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024