Jayapura (ANTARA) - Kantor Pencarian dan Pertolongan (SAR) Jayapura menyebutkan pihaknya mendirikan dua posko guna menghadapi lonjakan aktivitas masyarakat saat libur panjang Idul Fitri 1444 Hijriah yang umumnya berada di pusat keramaian dan kawasan perairan.

Kepala Kantor SAR Jayapura Sunarto di Jayapura, Rabu, mengatakan dua posko tersebut didirikan pada kawasan Pantai Holtekamp dan perairan Danau Sentani.

“Dua posko tersebut akan didirikan pada 15 April mendatang, di mana pendirian posko tersebut merupakan bagian dari program Siaga SAR khusus menghadapi libur Panjang,” katanya.

Menurut Sunarto, pihaknya juga menyiapkan strategi untuk mengantisipasi meningkatnya aktivitas masyarakat di lokasi wisata air karena memang risikonya tinggi.

“Kami juga akan menyiapkan personil dan peralatan di dua posko tersebut sehingga jika terjadi sesuatu hal yang tidak diinginkan akan cepat tertangani, “ ujarnya.

Dia menjelaskan selain itu, pihaknya juga akan melakukan patroli di daerah yang rawan untuk mengantisipasi terjadinya kecelakaan kendaraan yang perlu penanganan khusus.

“Untuk jumlah personel yang diterjunkan dalam Siaga SAR ini mencapai 80 personel. Meski tidak sebanding dengan wilayah kerja, namun dengan jumlah personel itu akan dimanfaatkan semaksimal mungkin,”katanya lagi.

Dia menambahkan jumlah personil ini sebetulnya masih kurang, namun pihaknya bakal maksimalkan yang ada. Pihaknya juga akan berkolaborasi dengan potensi SAR atau stakeholder terkait, bersama-sama melaksanakan tugas kemanusiaan ini.

"Kami tetap mengimbau kepada masyarakat agar tetap berhati-hati terutama saat berada di pantai karena memiliki resiko kecelakaan tinggi," ujarnya.

Pewarta : Qadri Pratiwi
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024