Sentani (ANTARA) - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Jayapura, Papua melakukan peningkatan pelayanan pengelolaan sampah rumah tangga di perkotaan saat bulan suci Ramadhan 1444 Hijriah.

Kepala DLH Kabupaten Jayapura Abdul Rahman Basri di Sentani, Senin, mengatakan peningkatan layanan itu, antara lain dengan mengerahkan 17 truk.

“Selama bulan suci Ramadhan kami melakukan pelayanan ekstra bagi warga perumahan pada tiga distrik yang ada di wilayah perkotaan pada Kabupaten Jayapura,” katanya.

Pihaknya melayani sampah rumah tangga di Distrik Sentani, Sentani Timur dan Waibhu karena wilayah ini memiliki banyak perumahan dan padat penduduk, sejak pukul 05.00-07.00 WIT.

“Petugas kami di lapangan sejak subuh sudah mulai bergerak mengangkut sampah rumah tangga pada titik-titik kumpul di kawasan perumahan, kami lakukan ekstra jam kerja bagi petugas sejak pukul 09.00 WIT sampai pukul 13.00 WIT,” ujarnya.

Dia menjelaskan truk sampah yang beroperasi di Kabupaten Jayapura sudah layak dan memadai untuk melakukan layanan pengangkutan sampah selama Ramadhan.

“Setiap subuh petugas sudah mulai mengangkut sampah dan kota kita terlihat bersih dari tumpukan sampah yang menggunung di malam hari tetapi pagi hari sudah bersih lagi,” katanya.

Pihaknya mengapresiasi para petugas pengangkut sampah di Kabupaten Jayapura yang peduli dan bertanggung jawab dalam melakukan tugas.

“Para petugas membantu warga untuk mengangkut sampah rumah tangga jika tidak ada petugas seperti ini kami tidak dapat membayangkan kondisi kota kita,” ujarnya.


Pewarta : Agustina Estevani Janggo
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024