Sentani (ANTARA) - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Jayapura, Papua mengimbau masyarakat di daerah tersebut senantiasa menjaga kesehatan selama masa liburan Lebaran 2023.

Sekretaris Dinas Kesehatan Jayapura Edward Sihotang di Sentani, Selasa, mengatakan masyarakat harus lebih memperhatikan kesehatan ketika masa liburan Lebaran karena pelayanan kesehatan terbatas saat libur.

"Libur Lebaran lumayan lama jadi kami berharap untuk masyarakat agar lebih menjaga kondisi kesehatannya karena layanan poli dan umum di rumah sakit juga puskesmas akan terbatas juga," katanya.

Dia menjelaskan pelayanan kesehatan yang akan tetap dilakukan yakni unit gawat darurat (UGD) di puskesmas dan instalasi gawat darurat (IGD) di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Yowari.

"Saat libur Lebaran layanan kesehatan di puskesmas hanya UGD saja, sedangkan rumah sakit umum melayani IGD dan rawat inap jadi masyarakat harus lebih memperhatikan kesehatan saat liburan," ujarnya.

Dia menjelaskan pelayanan kesehatan saat libur Lebaran tetap dilakukan tetapi akan lebih terbatas atau tidak seperti hari-hari biasanya.

"Meskipun hari libur jika masyarakat membutuhkan pertolongan kesehatan dapat langsung datang ke UGD pada puskesmas terdekat di wilayahnya," katanya.

Dia menambahkan petugas di UGD puskesmas selalu siaga jika ada pasien yang datang karena memang sudah diatur secara internal agar layanan kesehatan tetap ada saat libur Lebaran.

"Liburan cukup lama jadi kami sarankan masyarakat untuk selalu menjaga kesehatan diri dan keluarga, perbanyak minum air putih dan umat Muslim semoga ibadah puasanya dapat berjalan lancar," ujarnya.

Pewarta : Agustina Estevani Janggo
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024