Biak (ANTARA) - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Biak Numfor, Papua mencanangkan pemberlakuan transaksi keuangan digital di lingkungan SMA Negeri 1 Biak pada 2023/2024.

"Dengan ditetapkan transaksi keuangan digital di SMA Negeri 1 maka tidak lagi keuangan sekolah secara cash (tunai) seperti selama ini," kata Kepala Disdikbud Biak Numfor Kamaruddin di Biak, Selasa.

Ia mengatakan untuk mendukung kebijakan transaksi keuangan digital pihak sekolah telah menjalin kerja sama dengan pihak perbankan.

Tujuan lainnya terkait dengan pemberlakuan transaksi keuangan digital SMA Negeri 1, katanya, untuk transparansi penggunaan dana sekolah.

"Transaksi keuangan digital juga untuk mencegah terjadinya tindak pidana korupsi terhadap dana pendidikan di sekolah setempat," katanya.

Kamaruddin berharap, dewan guru, komite sekolah, dan siswa siswi di sekolah setempat untuk mendukung kebijakan pemberlakuan transaksi keuangan digital di SMA Negeri 1 Biak Numfor.

"Ini bentuk inovasi layanan transaksi keuangan digital percontohan pertama di Provinsi Papua," ujar dia.

Bupati Biak Numfor Herry Ario Naap mengatakan inovasi pendidikan keuangan digital di lingkungan sekolah merupakan hal baru sehingga perlu mendapat dukungan dari para guru, orang tua siswa, komite sekolah, dan siswa.

"Selamat atas pencanangan pengelolaan transaksi keuangan digital di SMA Negeri 1 Biak," katanya.

Pencanangan pemberlakuan transaksi keuangan digital di SMA Negeri 1 Biak Numfor dilakukan Bupati Herry Naap bertepatan dengan peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2 Mei 2023 di daerah itu. Bupati Biak Numfor Herry Ario Naap berpakaian adat menjadi Inspektur Upacara Hardiknas 2 Mei 2023 di dermaga Eks Biak Mina Jaya. ANTARA/Muhsidin
Pada waktu yang sama diberlakukan kurikulum muatan lokal bahasa daerah Biak pada Tahun Ajaran 2023/2024.

Pewarta : Muhsidin
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024