Jayapura (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mappi, Papua Selatan segera membangun Lampu Penerangan Jalan Umum (LPJU) tenaga surya dan Penerangan Jalan Umum (PJU) di median jalan yang ada di 15 distrik dan Kota Kepi pada 2023.

Penjabat Bupati Mappi Michael Gomar dalam siaran pers yang diterima ANTARA di Jayapura, Jumat, mengatakan dalam membangun LPJU dan juga PJU di 15 distrik dan Kota Kepi pihaknya akan menyiapkan 505 unit lampu.

"Di mana 400 unit lampu untuk LPJU tenaga surya dan sebanyak 105 unit lampu untuk membangun PJU di median jalan pada titik-titik yang sudah dipetakan," katanya.

Menurut Gomar, saat ini material untuk pembangunan LPJU sudah  berada di Kepi sehingga pihaknya segara akan melakukan pemasangan.

"Untuk pengadaan material menggunakan APBD Perubahan T.A 2022 sementara pemasangannya dengan menggunakan APBD T. A 2023," ujarnya.

Dia menjelaskan untuk 400 unit LPJU tenaga surya akan dipasangkan di 15 distrik untuk pemasangan seperti di jalan lingkungan, sepanjang kali Obaa, tempat ibadah dan beberapa ruas jalan dan sarana pendidikan.

"Sementara untuk 105 PJU akan dipasangkan di median jalan yang sudah sudah bangun sepanjang lima kilometer," katanya lagi.

Dia menambahkan pihaknya mengajak masyarakat di daerah itu agar fasilitas yang telah dibangun oleh pemerintah dapat dijaga karena bertujuan untuk kenyamanan terutama pada malam hari ketika berkendara.

"Kami harapkan agar setelah LPJU dipasang agar dijaga dengan baik dan untuk beberapa ruas jalan yang belum diakomodir akan dipasangkan pada 2024," ujarnya lagi.

Pewarta : Ardiles Leloltery
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024