Sentani (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Jayapura, Papua, mengajak masyarakat di daerah tersebut untuk menanam cabai di pekarangan rumah guna memenuhi kebutuhan keluarga.

Sekretaris daerah Jayapura Hana S. Hikoyabi di Sentani, Senin, mengatakan bahwa lahan kosong di sekitar rumah atau pekarangan rumah dapat untuk menanam cabai.

"Cabai ini tanaman yang mudah saja untuk ditanam dan tidak butuh lahan yang luas, kecuali jika ditanam dalam jumlah yang lebih banyak," katanya.

Menurut Hana, cabai termasuk dalam golongan komoditas yang harganya tidak stabil atau kadang mahal atau murah, apalagi saat hari raya keagamaan.

"Kami mengimbau agar masyarakat dapat memanfaatkan lahan sekitar rumahnya, tidak perlu lahan luas, yang penting lahannya tidak dibiarkan begitu saja," ujarnya.

Hana menyebutkan ada beberapa jenis komoditas yang dapat ditanam pada pekarangan rumah yang tidak luas, yakni cabai, bawang, tomat, dan sayur-sayuran hijau.

"Masyarakat bercocok tanam di lahan sendiri akan lebih menghemat biaya, jadi tidak harus semua komoditas dibelanjakan di pasar," katanya lagi.

Ia menyebutkan tanah ini kaya dan subur. Oleh karena itu, masyarakat harus mendayagunakan lahan yang ada sebagai kebun pribadi agar dapat meringankan kebutuhan ekonomi keluarga.

"Terkadang permintaan di pasar tinggi ketika semua masyarakat hanya mengharapkan petani. Akan tetapi, alangkah baiknya dengan lahan yang kecil dapat dikelola dengan baik untuk menghasilkan kebutuhan sendiri," ujarnya lagi.


Pewarta : Agustina Estevani Janggo
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024