Jayapura (ANTARA) - Pemerintah Kota (Pemkot) Jayapura, Papua melalui Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah setempat melaksanakan sosialisasi penyusunan Rencana Kebutuhan Barang Milik Daerah (RKBMD) 2024 bagi organisasi perangkat daerah (OPD) berlangsung di kantor wali kota setempat, Selasa.

Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Jayapura Desi Wanggai di Jayapura mengatakan sosialisasi penyusunan RKBMD bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada kasubbag program dan bendahara barang pada setiap OPD agar dalam merencanakan kebutuhan barang dapat menyesuaikan dengan waktu yang ditentukan.

Pihaknya berharap melalui sosialisasi tersebut setiap kasubbag program dan bendahara barang bisa mendata setiap kebutuhan barang yang akan di belanjakan pada setiap OPD pada 2024.

"Sehingga dalam menyusun barang milik daerah dapat melihat data rincian barang yang dibutuhkan," katanya.

Dia menjelaskan dengan adanya sosialisasi tersebut dapat juga membantu setiap OPD di lingkungan Pemkot Jayapura terkait dengan rencana kerja anggaran pada setiap dokumen pelaksana anggaran.

"Sehingga ini sangat penting untuk setiap OPD agar ke depan dalam menyusun rencana kerja anggaran bisa lebih tertib," ujarnya.

Dia menambahkan dalam kegiatan sosialisasi narasumber dari BPKAD dan Inspektorat Kota Jayapura akan melakukan evaluasi dan pemeriksaan terhadap rencana kerja anggaran di setiap OPD.

"Karena itu terkait dengan pengelolaan keuangan  yang di dalamnya termasuk barang kebutuhan milik daerah," demikian Desi Wanggai.



Pewarta : Ardiles Leloltery
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024