Sentani (ANTARA) - Dinas Pendidikan (Disdik) dan Pengajaran Kabupaten Jayapura, Papua, berupaya meningkatkan mutu pendidikan untuk menciptakan sumber daya manusia (SDM) Papua yang unggul.

Kepala Disdik dan Pengajaran Kabupaten Jayapura Eqberth C Kopeuw di Sentani, Jumat, mengatakan bahwa mutu pendidikan harus diutamakan agar tercipta generasi atau SDM Papua yang unggul.

“Guru memiliki peran sangat penting dalam pengembangan potensi peserta didik. Pada diri gurulah kejayaan dan keselamatan masa depan bangsa,” katanya.

Menurut Eqberth, guru menanamkan nilai-nilai luhur sebagai cita-cita pendidikan nasional dengan membentuk kepribadian yang baik.

“Sekolah yang berhasil dalam meningkatkan mutu pendidikannya ditentukan oleh faktor-faktor seperti perumusan visi, misi, dan tujuan sekolah, evaluasi sekolah, peran kepala sekolah, dan peningkatan mutu guru,” ujarnya.

Dia menjelaskan upaya meningkatkan mutu pendidikan ini sudah berjalan sejak lama, sampai saat ini dengan adanya kurikulum baru yakni merdeka belajar diharapkan menjadi angin segar bagi pendidikan di Papua.

“Kurikulum merdeka belajar mengharuskan guru untuk menjadi lebih kreatif dalam mengajar, tuntutan ini akan menjadikan peserta didik juga lebih kreatif,” katanya.

Dia berharap setiap elemen baik guru, orang tua murid, mitra maupun siswa dapat bersama-sama mendukung peningkatan mutu pendidikan.

“Guru selalu berusaha memberikan pendidikan dan pengetahuan yang terbaik bagi peserta didik sama seperti orang tua yang tahu hal terbaik yang diperlukan anak bagi masa depannya,” ujar dia.


Pewarta : Agustina Estevani Janggo
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024