Jayapura (ANTARA) - Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia (PMKRI) Cabang Merauke, Papua Selatan, mengajak warga setempat dan juga seluruh masyarakat di Tanah Papua untuk bersama-sama melindungi Burung Cenderawasih yang populasinya makin berkurang akibat adanya perburuan liar.

Ketua PMKRI Cabang Merakue Susana Kandaimu kepada Antara di Jayapura, Senin, mengatakan saat ini dalam tahapan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 banyak partai politik yang mendaftar bakal calon anggotanya ke kantor KPU dengan menggunakan Kepala Burung Cenderawasih.

"Padahal kami semua ketahui bahwa Burung Cenderawasih merupakan salah satu hewan endemik Papua yang harus dilindungi," katanya.

Menurut Kandaimu, untuk melindungi Burung Cenderawasih yang sudah hampir punah maka menjaga kelestarian hutan harus menjadi perhatian serius dari semua pihak.

"Untuk itu kami harapkan kesadaran dan perhatian serius dari masyarakat di Merauke secara khusus dan Papua pada umumnya untuk menjaga Burung Cenderawasih agar tidak punah," ujarnya

Dia menjelaskan pihaknya juga berharap ke depan agar hiasan dari Kepala Burung Cenderawasih dapat diganti dengan aksesoris lain yang tidak kalah menarik yang disediakan pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Merauke.

"Kami berharap ke depan semua pihak dapat bekerja sama dalam menjaga hutan di Papua untuk Burung Cenderawasih," katanya.

Pihaknya juga menitipkan suara hati anak muda Papua kepada calon kepala daerah juga anggota legislatif yang terpilih pada Pemilu 2024 agar bisa memperhatikan persoalan tersebut sehingga hewan endemik Papua tetap terlindungi.

Pewarta : Ardiles Leloltery
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024