Jayapura (ANTARA) -
Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Papua berharap kelanjutan dukungan PT Freeport Indonesia dalam mendukung pembinaan prestasi meski selama ini perusahaan tersebut telah banyak menopang pembangunan dan penyelenggaraan dunia olahraga di Bumi Cenderawasih.
 
Ketua Umum KONI Papua Kenius Kogoya di Jayapura, Selasa, mengatakan pihaknya telah menyerahkan dokumen terkait kerja sama dalam pembinaan prestasi atlet Papua.
 
“Proposal pembinaan prestasi telah diserahkan ke pihak PT Freeport untuk ditindaklanjuti. Sehingga kami menunggu untuk mendapat analisis dan respon dari PT Freeport,”katanya.
 
Menurut Kenius, PT Freeport sangat berperan besar dalam pembangunan olahraga di Papua, untuk itu pihaknya sangat optimis bisa mendapat dukungan dari Freeport untuk melanjutkan pembinaan prestasi di Tanah Papua.
 
"Penyerahan dokumen proposal kerjasama merupakan tindak lanjut dari pertemuan kami dan PT Freeport pada 2 Mei 2023, di Kantor Pusat Freeport Indonesia, Jakarta. Dimana dalam pertemuan tersebut, kedua belah pihak sepakat melanjutkan kerjasama pembinaan prestasi atlet-atlet terbaik Papua," ujarnya.
 
Dia menjelaskan pada pertemuan tersebut, Wakil Presiden Direktur PT Freeport Indonesia Jenpino Ngabdi menyampaikan kepada KONI untuk secepatnya mengajukan permohonan kegiatan dan kerjasamanya kepada Presiden Direktur PT. Freeport Indonesia.
 
"Dalam pertemuan itu disampaikan agar kerjasama berkelanjutan antara PT Freeport dan KONI Papua terkait pembinaan atlet Papua, sponsorship dari setiap perusahaan sub kontraktor di Freeport menjadi fasilitator angkat cabang-cabang olahraga serta kesejahteraan pelaku olahraga," katanya lagi.
 
Dia menambahkan seperti diketahui Freeport menjadi sponsor utama tim kebanggaan Papua Persipura Jayapura. Selain itu, juga menjadi sponsorship utama saat PON XX Papua lalu. PT Freeport juga membangun venue olahraga di Timika bertaraf internasional seperti Mimika sport center dan venue lainnya.

 

Pewarta : Qadri Pratiwi
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024