Sentani (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jayapura, Papua menyerahkan bantuan mesin pengupas biji kopi bagi petani Kampung Yanbra Distrik Kemtu Gresi guna mendukung produktivitas kerja para petani di wilayah tersebut.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Jayapura Theopilus H. Tegai di Sentani, Jumat, mengatakan sebagai bentuk perhatian pemerintah terhadap petani kopi Kampung Yanbra maka pihaknya menyerahkan mesin pengupas biji kopi.

“Pemerintah memberikan apresiasi bagi para petani yang secara swadaya menanam serta memproduksi kopi di Kabupaten Jayapura,” katanya.

Menurut Theopilus, sebelumnya para petani kopi dari Kampung Yanbra telah dibekali dengan pelatihan mengoperasikan mesin mengupas biji kopi pada Bengkel Pelatihan Peneliti Uncen Papua I Made Budi di Waena, Kota Jayapura Papua.

“Selama 15 hari petani kopi dibimbing  peneliti Uncen Papua agar semakin mahir teknologi mesin yang lebih canggih,” ujarnya.

Sementara itu Peneliti Uncen Papua I Made Budi menjelaskan  pihaknya melatih para petani kopi ini menggunakan mesin pengupas kopi dari biji sampai penggilingan (Grinding).

“Jadi kita melatih mengupas biji kopi basah yang tadinya menggunakan tangan sekarang harus pakai mesin yang lebih canggih,” katanya.

Dia menambahkan petani yang dulu menghaluskan biji kopi dengan banting-banting pakai karung sekarang dilatih menggunakan mesin penggiling.

“Kita latih semuanya dari bentuk biji kopi sampai menjadi bubuk kopi siap dipasarkan, kami berharap petani kopi dari Yanbra dapat memproduksi dan memperkenalkan produk lokal sampai keluar daerah,” ujarnya.


Pewarta : Agustina Estevani Janggo
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024