Jayapura (ANTARA) - Tim medis dari program “Kesehatan lambang diri Sehat guna” (Keladi Sagu) Satgas Rasaka Cartenz 2023 memberikan pelayanan kesehatan kepada lima warga di Tanah Papua.

Kasatgas Humas Polda Papua, Kombes Ignatius Benny Ady Prabowo di Jayapura, Jumat mengatakan pelayanan kesehatan dilaksanakan serempak di tiga wilayah yaitu Kota Jayapura, Kabupaten Puncak dan Dogiai, Jumat.
 
Dari laporan yang diterima pemeriksaan di Kabupaten Puncak dilaksanakan di kampung Kago dan ditemukan dua warga yang ternyata membutuhkan pemeriksaan lebih jauh, yaitu Fergius Wonda (34 th) didiagnosis menderita tekanan darah tinggi, dan Depius Mom ( 36) mengalami panas tinggi.
 
Pemeriksaan yang dilakukan di Batu Putih, Kota Jayapura, tim medis menemukan dua anak bernama Faizul dan Syawal yang menderita penyakit kulit, sedangkan di Kabupaten Dogiyai tim menemukan seorang anak yakni Noa (12 th) terkena infeksi saluran pernapasan akut (ISPA).
 
"Mereka telah diminta untuk melanjutkan pemeriksaan kesehatan ke puskesmas atau rumah sakit terdekat, " kata Kombes Benny.
 
Kombes Benny yang juga menjabat Kabid Humas Polda Papua menjelaskan Program Keladi Sagu dirancang sebagai salah satu upaya Polri untuk membantu pemerintah daerah dalam meningkatkan indeks pembangunan manusia (IPM), terutama dalam bidang kesehatan.
 
"Salah satu dimensi penting dalam membentuk IPM adalah umur panjang dan hidup sehat dan Kabupaten Puncak, Papua Tengah, termasuk dalam kategori daerah dengan IPM yang masih rendah, menurut data BPS pada akhir tahun 2022 sehingga dengan kegiatan tersebut dapat
memberikan harapan bagi masyarakat meningkatkan kesehatan, " kata Kombes Benny.
 
 

Pewarta : Evarukdijati
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024