Jayapura (ANTARA) - Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi UKM dan Tenaga Kerja Provinsi Papua mendorong balai latihan kerja (BLK) komunitas memberikan pelatihan kepada tenaga kerja setempat guna meningkatkan kualitas dan keterampilannya.

Kepala Bidang Tenaga Kerja Dinas Perindagkop UKM dan Tenaga Kerja Provinsi Papua Hans Himber di Jayapura, Papua, Jumat mengatakan pelatihan-pelatihan dari BLK komunitas tersebut sangat membantu pemerintah dalam meningkatkan kualitas bagi tenaga kerja.

"Seperti beberapa waktu lalu yang dilakukan oleh salah satu komunitas BLK Kalam Kudus Jayapura yang memberikan program pelatihan desain grafis," katanya.

Menurut Hans, pihaknya memberikan apresiasi atas kepedulian BLK komunitas yang mau memberikan pelatihan kepada masyarakat sekitar.

"Untuk itu, kami berharap agar BLK komunitas lainnya juga dapat membantu pemerintah dalam memberikan pelatihan untuk peningkatan kualitas tersebut," ujarnya.

Dia menjelaskan BLK Komunitas merupakan wujud upaya Kementerian Ketenagakerjaan dalam menghadirkan sarana dan prasarana pelatihan yang lebih dekat kepada masyarakat.

"Untuk di Papua, ada sekitar 20 BLK komunitas yang dibangun dengan menggunakan anggaran pusat, sehingga mari ikut pelatihan yang diselenggarakan BLK komunitas. Ada banyak program yang diberikan, mengikuti pelatihan ini dengan baik agar bisa membuka peluang kerja ke depan," katanya.

Dia menambahkan dengan pelatihan-pelatihan yang diberikan diharapkan dapat membuat anak-anak Papua menjadi berkompeten dan mudah diterima di dunia kerja dan bahkan bisa membuka lapangan pekerjaan sendiri.

Dengan begitu, lanjutnya, akan mengurangi angka pengangguran di Bumi Cenderawasih.


Pewarta : Qadri Pratiwi
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024