Sentani (ANTARA) - Tokoh adat Demutru Namblong di Kabupaten Jayapura mengajak seluruh pemuda Papua merawat nilai kebangsaan yang termuat dalam Pancasila.

Ketua Dewan Adat Suku Demutru Namblong Yosep Hembring di Sentani, Jumat, mengatakan  pemuda sebagai warga negara wajib menjaga serta merawat nilai kebangsaan dan cinta tanah air.

"Dalam Undang-Undang Dasar 1945 telah memuat semua unsur atau nilai-nilai kebangsaan. Untuk itu, pemuda harus mampu menjaga dengan baik," katanya.

Yosep menyebut sejumlau nilai kebangsaan, yakni religius, kemanusiaan, produktivitas, keseimbangan, demokrasi, kesamaan derajat, dan ketaatan hukum.

Sebagai generasi penerus, lanjut dia, harus benar-benar menghayati nilai kebangsaan dan menjadi pionir untuk itu.

Tokoh adat Demutru Namblong ini mengapresiasi bagi TNI/Polri yang selalu menjadi pengayom dalam memberikan pengetahuan tentang pemahaman kebangsaan di daerah tersebut.

"Aparat keamanan di wilayah kami sangat luar biasa dalam mengayomi masyarakat, khususnya memberikan pemahaman kebangsaan bagi generasi muda," katanya lagi.

Ia menambahkan mewujudkan nilai-nilai kebangsaan dengan menjalankan hak dan kewajiban sebagai warga negara yang proporsional, tidak memaksakan kehendak, dan saling toleransi.

Hal itu, lanjut dia, termasuk di dalamnya tolong-menolong, rukun, damai, menghormati, perbedaan agama dan kepercayaan, persahabatan, serta membela dan melindungi yang lemah.


Pewarta : Agustina Estevani Janggo
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024