Biak (ANTARA) - Sebanyak 111 praja Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) Kampus Papua melakukan praktik lapangan atau magang di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Biak Numfor guna mengaplikasikan ilmu pengetahuan yang diperoleh. 

Praktik lapangan 111 praja IPDN di Kabupaten Biak Numfor tersebar pada 10 Organisasi Perangkat Daerah (OPD) akan berlangsung selama 21 hari ke depan.

"Kegiatan praktik lapang atau magang merupakan suatu kewajiban dari semua kampus berupa bentuk pengabdian masyarakat sekaligus mempraktikkan sejumlah ilmu yang didapatkan di bangku kuliah," kata Wakil Bupati Biak Numfor Calvin Mansnembra dalam keterangan tertulis humas diperoleh di Biak, Kamis.

Pihak Pemkab Biak Numfor, lanjutnya, menyambut positif praktik lapangan praja IPDN.

"Kami mengucapkan selamat datang dan selamat melaksanakan kegiatan magang di lingkup Pemkab Biak Numfor,” ujarnya.

Wabup Calvin meminta OPD yang menjadi tempat magang praja IPDN agar memperhatikan setiap kegiatan praja agar dapat berjalan dengan baik.

“Bagi adik-adik dari praja IPDN agar bisa menyesuaikan diri dengan kondisi Kabupaten Biak Numfor, baik di lingkungan pemerintahan maupun masyarakat,” imbuhnya.

Sementara itu Direktur IPDN Kampus Regional Papua David E Mayor mengucapkan terima kasih atas dukungan dan penyambutan Pemkab Biak Numfor.

“Kami titipkan anak-anak kami dari praja IPDN Papua yang magang di lingkungan Pemkab Numfor," ujarnya.

David Mayor berharap praja IPDN yang praktik lapang agar dibina dengan baik dan dibimbing guna meningkatkan wawasan. "Kami minta dipantau hingga praja IPDN dapat tuntas melaksanakan kegiatan magang di lingkup Pemkab Biak Numfor," ujar David Mayor.

Adapun ke-10 OPD tempat pelaksanaan magang praja IPDN Papua, antara lain BKPSDM, BPKAD, Bappeda, Bapenda, Dinas Koperasi dan UKM, Disnaker, Dinas Pertanian Ketahanan Pangan, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Dinas Pariwisata, dan Dinas Perikanan.

Pewarta : Muhsidin
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024