Jayapura (ANTARA) - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua melalui Dinas Pertanian dan Pangan setempat kini sedang mempersiapkan paramedik veteriner untuk melakukan pemeriksaan hewan ternak yang dijadikan kurban pada Hari Raya Idul Adha 1444 Hijriah di Bumi Cenderawasih.

Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Papua Samuel Siriwa di Jayapura, Minggu, mengatakan selain pemeriksaan pihaknya juga akan melakukan pengawasan kepada seluruh pelaku usaha hewan ternak sapi.

“Paramedik veteriner ini melakukan pemeriksaan hewan ternak ini meliputi antemortem dan postmortem,” katanya.

Menurut Siriwa, pada dasarnya Papua siap untuk menyambut pelaksanaan kurban karena sapi-sapi tersebut masih berasal dari Bumi Cenderawasih di mana hingga kini belum ditemukan penyakit kuku dan mulut (PMK).

“Hewan kurban semua masih dari kabupaten dan kota terdekat seperti Kabupaten Keerom, Kota Jayapura, Kabupaten Sarmi dan beberapa daerah penyangga namun mencegah terjadinya hal yang tidak diinginkan kami tetap melakukan pengawasan dan pemeriksaan,” ujarnya.

Dia menjelaskan setelah dilakukan pemeriksaan kesehatan hewan, selanjutnya mendapatkan surat keterangan kesehatan hewan dan rekomendasi sapi terpilih dari Dinas Pertanian dan Pangan Provinsi Papua.

“Pelaksanaan penyerahan sapi dan hasil pemeriksaan postmortem di lokasi masjid penerima akan dilaksanakan H-1 dan pada hari H Idul Adha,”katanya.

Dia menambahkan Presiden Joko Widodo kembali akan menyumbangkan satu ekor sapi kurban ke Kota Jayapura pada Idul Adha 2023.

“Satu ekor sapi dari Presiden Jokowi akan disalurkan kepada masyarakat. Untuk tahun ini sebagai penerima adalah Masjid Al Amin Angkasa,” ujarnya.
 


Pewarta : Qadri Pratiwi
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024