Jayapura (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Papua (Pemprov) Papua menyebutkan telah siap menggelar pasar murah menjelang hari raya Idul Adha 1444 Hijriah pada kabupaten dan kota di Bumi Cenderawasih untuk itu kepada masyarakat agar memanfaatkan kegiatan tersebut.

Pelaksana Tugas (Plt) Asisten Bidang Perekonomian dan Kesejahteraan Sekda Papua Suzana Wanggai di Jayapura, Jumat, mengatakan pasar murah  dilakukan pada Senin 26 Juni 2023, berharap agar masyarakat bisa memanfaatkan program tersebut.

“Kami telah melakukan pengecekan di beberapa daerah di Bumi Cenderawasih dan semua sudah siap,” katanya.

Menurut Suzana, di Papua launching Gerakan Pangan Murah (GPM) akan dipusatkan di beberapa tempat yakni untuk Provinsi Papua di halaman kantor Gubernur Papua, Dok II Jayapura, kemudian Pemerintah Kota Jayapura pada halaman Distrik Heram dan Pemerintah Kabupaten Jayapura di Gunung Merah Sentani.

“Kami pusat adakan di tiga tempat, namun pelaksanaan pasar murah sendiri serentak dilakukan,” katanya.

Dia menjelaskan karena ini merupakan program bersama pemerintah pusat, provinsi dan kabupaten se Indonesia sehingga ini serentak dilakukan pada 290 lokasi GPM. Ini merupakan mitigasi dari pemerintah dalam pengendalian inflasi dan menjaga pertumbuhan ekonomi yang stabil serta terkendali.

“Untuk itu hal ini menjadi fokus utama Pemerintah, guna mewujudkan hal tersebut dibutuhkan kolaborasi bersama dengan semua pihak dan langkah konkret dalam menekan laju pertumbuhan harga khususnya harga bahan pokok,” katanya lagi.

Sementara itu Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Provinsi Papua Samuel Siriwa mengatakan gelar GPM dilakukan secara virtual dipimpin oleh Menteri Dalam Negeri.

“Komoditas pangan yang akan dihadirkan yakni , ikan olahan, minyak goreng, beras, ayam potong, telur, gula, cabai, bawang merah, bawang putih dan beberapa bahan pokok lainnya,” katanya.


Pewarta : Qadri Pratiwi
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024