Jayapura (ANTARA) - Wakil Ketua Asosiasi Futsal Provinsi Papua Eddy Way meluncurkan sekolah futsal Wahno untuk kategori usia 13 tahun dan usia 16 tahun di Jayapura, Jumat.

"Ini juga merupakan sejarah baru dimana sekolah futsal Wahno adalah yang pertama ada tidak hanya di Provinsi Papua tetapi juga Kota Jayapura," katanya di Jayapura, Jumat.

Menurut Way, peluncuran sekolah futsal Wahno merupakan sebuah cerita indah tentang bagaimana mewadahi anak-anak Kota Jayapura dalam suatu sekolah khusus untuk pengembangan teknik dan keahlian dalam olahraga futsal.

"Hal ini merupakan contoh yang sangat baik dan patut diikuti oleh semua pihak baik di tingkat kabupaten dan kota maupun provinsi yang peduli terhadap pengembangan olahraga futsal," ujarnya.

Dia menjelaskan apa yang dilakukan oleh klub futsal Wahno menjadi bagian dari pemasaran dari sisi kepentingan bisnis.

"Sehingga kami memberikan apresiasi kepada presiden klub futsal Wahno yang memulai pemikiran yang inovatif dalam rangka mewadahi anak-anak dalam satu sekolah," katanya lagi.

Dia menambahkan ke depan pihaknya memastikan melalui media tersebut semakin banyak anak-anak di Kota Jayapura yang fokus dalam pengembangan diri dan meningkatkan kepercayaan diri melalui sekolah futsal.

Sementara itu, Presiden klub dan sekolah futsal Wahno sekaligus Ketua Asosiasi Futsal Kota Jayapura Matias Mano mengatakan sekolah futsal Wahno dibentuk untuk bagaimana anak-anak bisa menyalurkan minat dan bakat serta untuk menghindari dari pengaruh minuman beralkohol dan narkoba.

"Kami ingin anak-anak di Papua bisa tumbuh dengan pemikiran yang sehat apalagi olahraga futsal saat ini banyak digemari masyarakat," katanya.

Dia menjelaskan dengan dibukanya sekolah futsal pihaknya berkeinginan untuk membina kemampuan dan mental agar generasi muda Papua ke depan bisa menjadi pemain yang profesional.

"Dengan adanya sekolah futsal ini maka rekam jejak dari anak-anak akan tercatat dengan baik," ujarnya.

Dia menambahkan pihaknya berharap agar sekolah futsal Wahno tetap eksis dan menjadi panutan bagi asosiasi futsal di daerah lain untuk sama-sama mengembangkan olahraga futsal di Tanah Papua.

Klub futsal Wahno berdiri pada 2021 di mana untuk masin-masing kategori baik U-13 dan U-16 sebanyak 20 orang.

Untuk pendaftaran sebesar Rp500 ribu dan iuran bulanan Rp100 ribu dan klub futsal Wahno dilatih oleh empat pelatih.

Pewarta : Ardiles Leloltery
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024