Biak (ANTARA) - Wakil Bupati Biak Numfor Calvin Mansnembra didampingi forum komunikasi pimpinan daerah (forkompinda) bersama warga Kampung Tanjung Barari melakukan tradisi budaya snap mor berupa menangkap ikan di laut yang airnya sedang surut, Senin.

Kegiatan snap mor dalam rangkaian Festival Biak Munara Wampasi (BMW) menuju Sail Teluk Cenderawasih 2023 berlangsung di tiga lokasi yakni perairan Kampung Tanjung Barari, Distrik Oridek, Kabupaten Biak Numfor, Provinsi Papua, Manwor Biak Utara dan pulau Nupisen Distrik Aimando/Padaido dihadiri ribuan warga setempat.

"Masyarakat Biak punya tradisi unik snap mor yang sampai sekarang masih tetap dilestarikan hingga saat ini," kata Wabup Calvin.

Setelah membuka snap mor, Wabup Calvin didampingi forkompinda turun ke laut yang airnya sedang surut untuk menangkap ikan di celah batu pinggiran laut di Kampung Tanjung Barari.

Snap mor bagi Suku Biak merupakan tradisi cara menangkap ikan di laut yang airnya sedang surut. Kegiatan itu disaksikan masyarakat. Mereka memadati wilayah Tanjung Barari.

Sekitar seribu warga dari berbagai kampung di Kabupaten Biak Numfor memadati lokasi snap mor sejak Senin pagi.

Mereka membawa berbagai alat tangkap ikan, seperti kalaway, jubi atau alat tangkap ikan tradisional dan tempat penyimpan ikan.

"Tradisi snap mor merupakan bagian dari pesta adat Munara, yang dapat dimaknai sebagai kultus pembaruan dalam dinamika kehidupan masyarakat Biak," ujar tokoh masyarakat setempat, Efraim Rumkorem.

Tradisi snap mor, lanjut dia, menunjukkan kemampuan masyarakat Suku Biak yang diwariskan secara turun-temurun untuk mengenali siklus pasang surut air laut.

"Masyarakat adat Biak mampu membaca kondisi laut dan tanda-tanda alam lain untuk menentukan kapan dan di mana ikan-ikan dapat ditangkap secara tradisional dengan alat kalaway," katanya.

Beberapa warga Biak mengaku senang ikut snap mor di Tanjung Barari.

"Ini menjadi kecintaan warga Biak untuk melestarikan budaya adat Suku Biak," ujar seorang warga setempat, Absalom.

Sementara itu, Bupati Biak Numfor Herry Ario Naap memimpin kegiatan budaya tradisional menangkap ikan snap mor di pulau Nupisen.

Rombongan Bupati Herry Ario Naap didampingi sejumlah penjabat eselon II,III dan IV serta para panitia pelaksana Festival Biak Munara Wampasi 2023. Bupati Biak Numfor Herry Ario Naap memperlihatkan hasil menangkap ikan pada kegiatan snap mor di pulau Nupisen. ANTARA/HO-Humas Kompinda

Pewarta : Muhsidin
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024