Biak (ANTARA) - Wakil Bupati Biak Numfor, Papua Calvin Mansnembra bersama Pelaksana tugas (Plt) Sekretaris Daerah ZL Mailoa, Sabtu melakukan panen cabai di Kampung Ramdori Distrik Swandiwe dalam rangka hari ulang tahun ke-78 Republik Indonesia dan Festival Budaya Nusantara 2023.

Panen cabai di lahan satu hektare milik petani Kampung Ramdori Distrik Swandiwe merupakan kegiatan tanam masyarakat mendukung ketahanan pangan daerah.

Wabup Calvin menyebut, program menanam cabai yang digencarkan pemda pada sektor pertanian berbagai kampung di Kabupaten Biak Numfor merupakan program berkelanjutan untuk mengendalikan laju inflasi di daerah.

Calvin mengajak masyarakat untuk mensyukuri hasil panen pertanian tanaman cabai yang telah dilakukan bersama pemerintah daerah.

"Dengan adanya panen cabai warga Kampung Ramdori bisa memperoleh penghasilan untuk memenuhi kebutuhan keluarga," ujar Wabup Calvin Mansnembra.

Wabup Calvin berharap, ke depan areal luas tanaman cabai dapat diperluas lagi sehingga dengan hasil panen cabai diharapkan bisa mendatangkan pendapatan ekonomi untuk setiap keluarga di kampung.

"Hasil panen cabai yang dilakukan bersama masyarakat Kampung Ramdori Distrik Swandiwe merupakan karunia besar dari Tuhan yang harus patut kita syukuri," ujar Wabup Calvin Mansnembra.

Berdasarkan instruksi Bupati Herry Ario Naap tahun 2022/2023 kepada ASN, sekolah, masyarakat dan petani untuk memanfaatkan lahan rumah untuk menanam cabai guna membantu pemerintah mengendalikan inflasi daerah.

Serta untuk memenuhi kebutuhan pasar lokal mendukung Sail Teluk Cenderawasih berlangsung 1-7 November 2023.

Berdasarkan panen cabai di lahan satu hektare menghasilkan kurang lebih 40 hingga 50 kilogram cabai rawit.

Pewarta : Muhsidin
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024