Jayapura (ANTARA) - Pemerintah Kota (Pemkot) Jayapura, Papua akan menggelar pawai budaya pada 15 Agustus 2023 dalam rangka memperingati HUT ke-78 RI.

Penjabat Wali Kota Jayapura Frans Pekey di Jayapura, Senin, mengatakan pawai budaya tersebut melibatkan semua pihak baik BUMN, BUMD, dunia usaha dan paguyuban serta satuan pendidikan di daerah itu.

"Selain itu kami juga akan menggelar lomba gerak jalan pada 11 Agustus 2023," katanya.

Menurut Pekey, pihaknya mengimbau seluruh masyarakat Kota Jayapura untuk turut serta memeriahkan HUT RI dengan memasang Bendera Merah Putih di masing-masing tempat tinggal.

"Tetapi juga tetap menjaga keamanan dan ketertiban serta kenyamanan di lingkungan masing-masing," ujarnya.

Dia menjelaskan pihaknya juga meminta agar Dinas Lingkungan Hidup Kebersihan dan Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, Perumahan dan Pemukiman Kota Jayapura agar terus melakukan pembersihan jalan guna menyambut HUT ke-78 RI.

"Tetapi juga memperbaiki lampu penerangan jalan umum di Kota Jayapura yang sudah rusak," katanya lagi.

Dia menambahkan dalam rangka menyambut HUT ke-78 RI diharapkan kepada semua Organisasi Perangkat Daerah (OPD), kelurahan, puskesmas dan semua sekolah agar melakukan pembersihan di lingkungan masing-masing.

Sementara itu, Kepala Dinas PUPR Kota Jayapura Nofdi Rampi mengatakan sekitar enam ribu lebih lampu penerangan jalan umum telah terpasang di daerah itu.

"Sebagian besar memang mengalami kerusakan akibat hujan sehingga kami akan memperbaiki supaya lampu jalan bisa berfungsi dengan baik jelang HUT RI," katanya.

Pewarta : Ardiles Leloltery
Editor : Hendrina Dian Kandipi
Copyright © ANTARA 2024