Jayapura (ANTARA) - Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Izak Pangemanan, Sabtu (5/8) membuka pertandingan sepak bola memperebutkan piala KSAD yang diikuti delapan kesebelasan.

Pembukaan pertandingan yang ditandai dengan tendangan bola pertama oleh Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Izak Pangemanan berlangsung di stadion Mandala Jayapura, Papua. 

Delapan kesebelasan yang mengikuti pertandingan memperebutkan piala KSAD berasal dari berbagai kabupaten dan kota di wilayah Kodam XVII Cenderawasih. 

Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Izak Pangemanan di Jayapura, Sabtu, mengatakan kegiatan tersebut dilaksanakan dalam rangka memperingati HUT ke-78 RI.

"Selain sepak bola juga dilaksanakan pertandingan bola voli dan seni budaya yang akan disesuaikan dengan wilayah adat, misalnya wilayah adat Tabi, Mamta dan Saireri yang akan menggelar pertandingan yosim pancar," katanya. 

Menurut Pangdam Izak, melalui kegiatan ini diharapkan muncul bibit-bibit olah raga baik itu sepakbola maupun bola voli yang akan mengharumkan nama Tanah Papua hingga ke luar negeri. 

"Jaga sportivitas selama pertandingan dan mengedepankan persahabatan," ujarnya.

Dia menjelaskan pihaknya juga berharap untuk seni budaya yang memperlombakan tarian dari masing-masing wilayah adat maka selain melestarikan juga memperkenalkan budaya yang ada di Tanah Papua khususnya di wilayah Kodam XVII/Cenderawasih.

Wilayah Kodam XVII/Cenderawasih meliputi tiga korem yaitu Korem 172/PWY, Korem 173/PVB dan Korem 174/ATW yang tersebar di empat provinsi yakni Papua, Papua Pegunungan, Papua Tengah dan Papua Selatan. 

Pewarta : Evarukdijati
Editor : Hendrina Dian Kandipi
Copyright © ANTARA 2024