Biak (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Supiori, Papua, memfokuskan perayaan Hari Ulang Tahun ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia ke distrik/kecamatan dan kampung untuk lebih banyak melibatkan masyarakat.

"Sejak awal Agustus 2023 berbagai persiapan masyarakat di sejumlah kampung Kabupaten Supiori sangat semarak untuk menyambut HUT ke-78 RI dengan menggelar berbagai lomba," ujar Kepala Dinas Pendidikan Supiori Rafles Ngilamele selaku koordinator lomba perayaan HUT ke-78 RI Pemkab Supiori dihubungi, Selasa.

Ia menyebut untuk perayaan menyambut HUT RI khusus tingkat kabupaten akan diselenggarakan berbagai lomba melibatkan organisasi perangkat daerah, ASN, masyarakat, siswa, BUMN/BUMD hingga instansi vertikal.

Rafles mengatakan untuk perlombaan yang akan digelar panitia HUT RI Pemkab Supiori, di antaranya jalan sehat bersama, karnaval, paduan suara, tari kreasi baru.

Sedangkan kegiatan lain menyambut HUT RI, menurut Rafles, lomba mewarnai siswa PAUD, kebersihan lingkungan antar OPD, pop singer, bulu tangkis, tenis meja, dan gerak jalan.

"Pembukaan kegiatan berbagai lomba menyambut HUT ke-78 RI Pemkab Supiori dilakukan 8 Agustus 2023," sebut Rafles.

Ia berharap perayaan menyambut HUT RI tahun 2023 lebih meriah karena melibatkan warga kampung dan distrik.

"Apalagi dengan kondisi saat ini sudah masa endemi diharapkan lebih semarak rangkaian kegiatan HUT ke-78 RI di lingkup Pemkab Supiori," harap Rafles.

Pantauan ANTARA di Sorindiweri, ibu kota Kabupaten Supiori, sejumlah pertokoan, perkantoran pemerintah, perumahan warga hingga satuan TNI/Polri sudah memasang aksesori umbul-umbul dan gapura bernuansa merah putih.

Bahkan, di kantor lembaga keagamaan, balai kampung dan sekretariat organisasi kemasyarakatan juga menghiasi lingkungan kantor dengan bendera dan umbul-umbul merah putih.

Dijadwalkan detik-detik puncak 17 Agustus 2023 dilakukan upacara pengibaran bendera Merah Putih dipimpin Inspektur Upacara Bupati Supiori Yang Imbab.

Pewarta : Muhsidin
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024