Timika (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mimika, Provinsi Papua Tengah menggelar Upacara Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 RI di Halaman Kantor Pusat Pemerintahan pada daerah tersebut dan berlangsung aman dan lancar.

Pejabat (Pj) Bupati Mimika Valentinus S. Sumito di Timika, Kamis, mengatakan seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) pada lingkup Pemkab Mimika mengikuti Upacara Kemerdekaan RI menggunakan pakaian adat masing-masing daerah.

“HUT Kemerdekaan RI memiliki makna yang dalam bagi Bangsa Indonesia juga termasuk kami yang berada di Kabupaten Mimika sebagai bagian yang tidak terpisahkan dari NKRI,” katanya.

Menurut Valentinus,  momen 17 Agustus setiap tahun digelar upacara serentak termasuk pada lingkup pemerintahan daerah guna mengenang perjuangan dan jasa para pahlawan bangsa yang telah memperjuangkan Kemerdekaan Bangsa Indonesia.

“Seluruh OPD pada lingkup Pemerintah Kabupaten Mimika serta Forum koordinasi pimpinan daerah (Forkopimda) dan TNI/Polri serta masyarakat mengikuti Upacara Kemerdekaan RI ke-78 hari ini,” ujarnya.

Dia menjelaskan pihaknya merasa bangga karena putra-putri terbaik dari Kabupaten Mimika yang tergabung dalam Pasukan Pengibar Bendera Merah Putih telah melaksanakan tugas negara dengan sangat baik dan penuh rasa tanggung jawab.

“Ini tentunya akan menjadi pengalaman dan bekal bagi siswa-siswi, juga dapat motivasi siswa lainnya untuk dapat mengikuti jejak yang baik ini,” katanya lagi.

Dia menambahkan hari ini cuaca di Kota Timika memang mendung tetapi tidak hujan sehingga Upacara Kemerdekaan RI dapat berjalan aman dan lancar.

“Kami atas nama Pemerintah Kabupaten Mimika mengucapkan Selamat HUT ke-78 RI Terus Melaju Menuju Indonesia Maju,” ujarnya lagi.


Pewarta : Agustina Estevani Janggo
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024