Sentani (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jayapura, Papua menyebut kenaikan gaji bagi aparatur sipil negara (ASN), TNI/Polri, dan pensiunan tahun ini meningkatkan kesejahteraan pegawai serta masyarakat di wilayah setempat.

Penjabat Bupati Jayapura Triwarno Purnomo di Sentani, Sabtu, mengatakan kebijakan kenaikan gaji yang dikeluarkan pemerintah pusat telah sesuai dengan mekanisme yang berlaku.

“Kebijakan ini kami sangat mendukung karena akan sejalan dengan peningkatan di semua aspek pembangunan, ekonomi, sosial di Kabupaten Jayapura,” katanya.

Menurut dia, kebijakan itu tepat untuk segera diterapkan sehingga dapat menunjang pemenuhan kebutuhan dan peningkatan perekonomian ASN dan masyarakat.

“Sudah jelas kenaikan gaji akan meningkatkan kesejahteraan pegawai sehingga kami harapkan mereka akan lebih meningkatkan tanggung jawabnya dan disiplin dalam bekerja,” ujarnya.

Dia menilai peningkatan kesejahteraan tidak hanya dirasakan pegawai tetapi masyarakat akan merasakan hal itu dari belanja pegawai.

“Kehidupan sosial di luar diperoleh dari pergerakan aktivitas ekonomi tetapi yang lebih penting adalah belanja pemerintah maupun pembangunan yang dilakukan oleh ASN,” katanya.

Mantan Penjabat Bupati Asmat itu, menambahkan belanja pemerintah mendukung upaya peningkatan roda perekonomian di daerah ini.

“Harapan saya dengan naiknya gaji maka pegawai harus lebih meningkatkan kinerja, disiplin sehingga hasilnya pelayanan kepada masyarakat akan lebih bagus lagi,” ujarnya.

Kenaikan gaji ASN, TNI, Polri, dan pensiunan sebesar delapan persen diumumkan oleh Presiden RI Joko Widodo pada penyampaian RUU APBN 2024 dan Nota Keuangan di Ruang Rapat Paripurna, Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen Senayan pada Rabu (16/8).
 

Pewarta : Yudhi Efendi
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024