Jayapura (ANTARA) - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Jayapura, Provinsi Papua menyiapkan 120 personel untuk menjaga kebersihan arena pelaksanaan Festival Baku Timba.

Kepala DLH Jayapura Abdul Rahman Basri di Sentani, Senin, mengatakan mereka bertugas menjaga kebersihan dan menangani sampah di lokasi festival tersebut. Kegiatan itu dibuka pada Jumat (25/8) dan akan berakhir pada 3 September 2023.

Festival Baku Timba ajang kuliner yang melibatkan para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) Kabupaten Jayapura. Sekitar 60 pelaku usaha ikut dalam festival tersebut.

"Jadi selama pelaksanaan BTF (Baku Timba Fest) ini, kami dari DLH bertugas mengawal kebersihan karena lokasinya dipusatkan di halaman Kantor Bupati Kabupaten Jayapura," katanya.

Ia menjelaskan kebersihan lingkungan kantor pemerintahan harus selalu dijaga.

Oleh karena itu, pihaknya telah menyiapkan tempat sampah di sekitar stan-stan UMKM dan truk pengangkut sampah.

"Ada tempat-tempat sampah dan juga truk yang akan mengangkut dilengkapi dengan personel yang bertanggung jawab atas tugas masing-masing," ujarnya.

Dia menjelaskan ada personel yang bertugas membersihkan lokasi dan mengumpulkan sampah di tempat itu.

Selain itu, katanya, ada petugas pengangkut serta sopir truk sampah yang siaga untuk membawa sampah ke tempat pembuangan sampah.

"Personel kebersihan melakukan aktivitas membersihkan halaman kantor bupati selama pelaksanaan BTF, yakni sejak pukul 06.00 WIT sebelum aktivitas ASN dimulai," katanya.

Dia mengimbau pelaku UMKM yang mengikuti BTF bersama-sama menjaga kebersihan lingkungan kantor pusat pemerintahan tersebut selama berlangsung kegiatan festival.

"Pemerintah Kabupaten Jayapura telah memfasilitasi pelaksanaan BTF, untuk itu kami mengajak para pelaku UMKM juga masyarakat agar bersama-sama menjaga kebersihan lingkungan kantor bupati ini," ujarnya.
 

Pewarta : Agustina Estevani Janggo
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024