Jayapura (ANTARA) - Dinas Pariwisata Kota Jayapura, Papua terus mendukung pengembangan ekonomi kreatif dengan menggelar berbagai festival kuliner dan seni musik bagi anak-anak muda di daerah tersebut.

Kepala Dinas Pariwisata Kota Jayapura Matias Mano di Jayapura, Selasa, mengatakan untuk itu pihaknya akan melakukan iven setiap bulan guna menghidupkan kreativitas yang dimiliki anak-anak muda di negeri yang berjuluk "Port Numbay" tersebut.

"Pada September 2023 kami akan melaksanakan Numbay Creative Festival yang melibatkan komunitas dan pelaku ekonomi kreatif," katanya.

Menurut Matias, selanjutnya Dinas Pariwisata Kota Jayapura akan melaksanakan Rocktober dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda pada 28 Oktober 2023.

"Dan nanti Desember 2023 ada kegiatan gerbang Natal dan Jazzember di mana ini semua sebagai bentuk dukungan kami dalam pengembangan ekonomi kreatif di Kota Jayapura," ujarnya.

Dia menjelaskan dengan semakin banyak kegiatan yang dilakukan melibatkan anak-anak muda maka dapat menjauhkan generasi muda Papua dari pengaruh hidup bebas seperti memakai narkoba dan mengonsumsi minuman beralkohol.

"Kami juga terus mendorong semua komunitas bisa bersama-sama berkolaborasi bersama Dinas Pariwisata dalam meningkatkan pelaku ekonomi kreatif di Jayapura," katanya lagi.

Dia menambahkan ke depan, diharapkan muncul komunitas lain yang bisa melaksanakan iven yang dapat mendorong anak-anak muda yang mempunyai kreativitas untuk mengeluarkan kemampuan dalam bidang seni musik dan kuliner.

"Jadi kami semua bersama-sama mewujudkan Jayapura sebagai kota kreatif karena Kota Jayapura juga merupakan kota jasa dan perdagangan di mana diharapkan ekonomi kreatif di daerah itu terus berkembang sehingga diimbau kepada semua pihak untuk berkolaborasi guna memajukan sektor pariwisata di daerah tersebut," ujarnya lagi.

Pewarta : Ardiles Leloltery
Editor : Hendrina Dian Kandipi
Copyright © ANTARA 2024