Jayapura (ANTARA) - Bank Pembangunan Daerah (BPD) Papua bersama PT. Air Minum Jayapura Robongholo Nanwani (Perseroda) menandatangani nota kesepahaman (MoU) terkait pengelolaan keuangan perusahaan air minum tersebut.

Selain itu juga Bank Papua bersama PT. Air Minum Jayapura Robongholo Nanwani juga melakukan penandatanganan perjanjian kerja sama tentang pemanfaatan jasa perbankan, pembayaran gaji dan penghasilan lainnya serta pemberian fasilitas kredit pegawai.

Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Utama Bank Papua Yuliana D. Yembise di Jayapura, Rabu, mengatakan MoU dan perjanjian kerja sama tersebut merupakan tindak lanjut dari kegiatan sosialisasi produk simpanan dan kredit pada19 November 2022.

"Penandatanganan ini dilaksanakan dalam rangka pemanfaatan produk dan jasa layanan perbankan," katanya.

Menurut Yembise, ada beberapa layanan yang dikerjasamakan di antaranya pembukaan tabungan, giro, deposito, pembayaran gaji dan penghasilan lainnya serta pemberian fasilitas kredit pegawai.

"Dengan adanya penandatanganan ini diharapkan bisa memenuhi kebutuhan layanan perbankan bagi seluruh pegawai PT. Air Minum Jayapura Robongholo Nanwani serta kebutuhan pelanggan dalam membayar tagihan air," ujarnya.

Dia menjelaskan pihaknya memberikan apresiasi kepada PT. Air Minum Jayapura Robongholo Nanwani yang telah menunjuk Bank Papua untuk mengelola dana operasional perusahaan dan melaksanakan pemanfaatan layanan jasa perbankan berupa Delivery Channel Bank Papua (ATM, mobile banking, SMS banking), tabungan, giro, deposito, penggunaan Qris dan penggunaan internet banking.

"Tetapi juga memberikan layanan penyaluran gaji dan pemberian fasilitas kredit pegawai," katanya lagi.

Dia menambahkan Bank Papua juga mengapresiasi PT. Air Minum Jayapura Robongholo Nanwani yang telah menggunakan Qris Bank Papua dan menempatkan QR Barcode Bank Papua di lima lokasi strategis agar para pelanggan mudah untuk membayar tagihan air.

"Selain menggunakan Qris, kini para pelanggan juga dapat membayar tagihan air melalui ATM Bank Papua," ujarnya.

Dia mengatakan Bank Papua dan PT. Air Minum Jayapura Robongholo Nanwani merupakan BUMD sehingga harus saling mendukung dan membantu untuk meningkatkan kinerja masing-masing perusahaan yang akan berkontribusi terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Direktur Utama PT. Air Minum Jayapura Robongholo Nanwani Entis Sutisna mengatakan saat perusahaan itu berdiri Bank Papua merupakan perbankan yang pertama kali bersinergi dan melakukan kerja sama terutama dalam mengelola penagihan rekening air.

Menurut Entis, MoU dan perjanjian kerja yang sudah terjalin merupakan kolaborasi dan sinergi antara PT. Air Minum Jayapura Robongholo Nanwani dan Bank Papua untuk bersama-sama berkomitmen guna memberikan pelayanan terbaik bagi pelanggan saat melakukan pembayaran tagihan air.

"Selain itu produk perbankan yang ada di Bank Papua bisa digunakan lebih maksimal sehingga harapannya kerja sama ini bisa lebih memberikan kemudahan bagi para pelanggan kami untuk membayar tagihan air," katanya.

Dia menambahkan pihaknya juga berharap ke depan dana yang ada pada perusahaan tersebut bisa dikelola lebih maksimal oleh Bank Papua sehingga karyawan PT. Air Minum Jayapura dapat menikmati fasilitas kredit dari Bank Papua.

Pewarta : Ardiles Leloltery
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024