Sentani (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jayapura, Provinsi Papua, menyalurkan cadangan pangan kepada 5.582 warga penerima manfaat di daerah setempat

Kepala Dinas Katahanan Pangan Kabupaten Jayapura Suliyono dihubungi dari Jayapura, Selasa menyampaikan telah merealisasikan cadangan pangan pemerintah kepada daerah setempat.

“Penyaluran tahap satu sudah dilakukan pada April (2023) sebanyak 5.693 penerima manfaat dan tahap dua dilakukan bulan ini kepada 5.582 penerima manfaat di Kabupaten Jayapura,” katanya.

Menurut Suliyono untuk pelepasan cadangan pangan pemerintah sudah dilakukan pada Rabu 13 September 2023.

“Cadangan pangan itu akan digunakan selama September, Oktober dan November tahun ini, semoga bantuan tersebut dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh masyarakat yang membutuhkan,” ujarnya.

Suliyono menjelaskan pelepasan cadangan pangan pemerintah dalam bentuk beras per penerima manfaat sebanyak 10 kilogram (kg).

“Beras yang kami salurkan kalau dihitung dengan jumlah penerima manfaat sebanyak 5582 maka totalnya 55.820 kilogram,” katanya.

Dia menambahkan beras tersebut disalurkan ke 139 kampung, lima kelurahan, 19 distrik di daerah ini untuk memenuhi kebutuhan keluarga dan mencegah stunting atau kekurangan gizi bagi masyarakat khusus anak-anak di Kabupaten Jayapura.

“Penyaluran beras kepada penerima manfaat memang lebih banyak tahap pertama dibanding dengan tahap kedua, karena data yang kami gunakan dari Kementerian Sosial (Kemensos) RI,” ujarnya.

 

Pewarta : Yudhi Efendi
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024